Calon peserta Panwascam Cilegon mengikuti tes wawancara yang digelar oleh Bawaslu Cilegon di salah satu hotel di Kota Cilegon,” Senin (16/12/2019). Elfrida Ully Artha/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Peran anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) sangat penting dalam mengawasi jalannya Pilkada. Tentunya dalam pengawasannya, perpanjangan tangan Bawaslu ini dalam bekerja juga harus mematuhi koridor aturan yang berlaku. Salah satunya yang ditegaskan terkait sikap netralitas panwascam yang dijunjung tinggi dalam Pilkada.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Cilegon Siswandi saat menggelar tes wawancara kepada 79 peserta calon anggota Panwascam.

“Mereka yang lolos semua tahapan seleksi harus bisa memberikan citra yang baik kepada masyarakat. Salah satunya, mereka (anggota Panwas) harus mampu bertanggung jawab, berintegritas, netral serta mampu memetakan tokoh-tokoh politik yang ada disekitarnya,” kata Suwandi ditemua Selatsunda.com usai menggelar tes wawancara di salah satu hotel di Cilegon, Senin (16/12/2019).

Selain menjunjung netralitas, kata Siswandi, seoran pengawas pemilu juga memiliki tanggung jawab dalam mensukseskan pilkada. Pengawas pemilu memastikan penyelenggaraan pemilu bisa berlangsung jujur sehingga menghasilkan pemimpin yang berintegritas.

“Salah satu asas pemilu adalah jujur dan adil, inilah tugas pengawas pemilu untuk mewujudkannya,” paparnya.

Ia berpesan agar, pengawas dapat bekerja sesuai yang diamanahkan oleh undang-undang. Pengawas harus berkomitmen atas pekerjaan yang dijalankan.

“Jadikanlah pekerjaan anda ini sebagai pekerjaan yang terhormat, bukan pekerjaan sampingan yang akan membuat lalai dari komitmen awal bahwa anda sanggup bekerja sepenuh waktu,” sambungnya.

Sedikitnya ada 79 peserta yang mengikuti tes tahap wawancara. Dari jumlah tersebut, akan disaring sebanyak 24 perserta untuk menjadi angggota Panwascam. Rencananya akan diumumkan pada 18 Desember dan dilantik pada 23 Desember mendatang di Kota Cilegon.

Kepala Divisi Data, SDM, dan Informasi pada Bawaslu Kota Cilegon Dedi Muttaqin mengatakan, para calon anggota Panwascam yang mengikuti tes wawancara, meliputi dedikasi, integritas, dan netralitas.

“Nantinya akan ada tanggapan dari masyarakat yang bisa menyampaikan soal personal pada calon pengawas yang direkrut. Dan apa yang menjadi temuan pelanggaran yang dilakukan oleh bacalon walikota dan wakil walikota tentunya pihak Panwascam harus lebih sigap dalam menyelesaikan pelanggaran tersebut,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here