Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri (paling kiri) meninjau persiapan pelaksanaan Angkutan Hari Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (10/5/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Korlantas Mabes Polri akan memberlakukan sistem satu arah (one way) di dalam Tol Tangerang-Merak bila kendaraan roda empat yang menuju Pelabuhan Merak mengantre hingga keluar pelabuhan.

Hal ini disampaikan Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri setelah mendapat pemaparan tentang persiapan pelaksanaan angkutan Hari Lebaran 2019 dari GM ASDP Merak, Solikin dan Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Wibowo di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (10/5/2019).

Lebih jauh dijelaskan Korlantas, penerapan tersebut hanya akan diberlakukan dalam kondisi situasional. Bila antrean kendaraan sudah keluar pelabuhan hingga mencapai jalan arteri, rekayasa lalu lintas di dalam tol ini akan diberlakukan.

“Tadi dijelaskan dari Dirantas, bahwa tol ini kan paling ujung adalah kilometer 98. Tadi dijelaskan manakala ada antrean sampai kilometer 95 atau 94, akan dilakukan rekayasa. Demikian juga manala sampai kilometer 87 dna seterusnya, itu rekayasanya lebih kuat lagi dilakukan,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi antrean panjang di dalam tol, kata Refdi, kendaraan akan dialihkan keluar tol menuju jalur arteri. Kendaraan akan dialihkan lewat Pintu Tol Cilegon Barat.

“Rencananya, saat operasi nanti dengan melihat volume yang ada akan dilakukan one way. One way-nya itu juga tidak panjang. Hanya kilometer 98, sampai ke belakang itu sampai kilometer 94,” paparnya.

Seluruh rencana antisipasi ini, sambungnya, telah direncanakan dengan baik untuk menghadapi mudik Lebaran tahun ini. Termasuk antisipasi antrean kendaraan roda dua yang nanti akan difokuskan di Dermaga 7.

“Artinya semua sudah direncanakan dengan baik, apalagi pengelolaan ini ada suatu perbedaan dengan tahun lalu. Dimana untuk sepeda motor itu ada kekhususan, mereka bergerak dari dermaga 7,” tandasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?