CILEGON, SSC – PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (PT. ASDP) Cabang Merak menyediakan Loket khusus untuk rombongan penumpang yang menyeberang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Hal itu disediakan untuk mengantisipasi antrean penumpang khususnya pada saat libur panjang dan momentum Hari Libur Nasional.

Manajer Usaha Pelabuhan PT. ASDP Merak, Rudy Mahmudi mengatakan, penyediaan loket rombongan itu dimaksudkan untuk memperlancar arus penumpang pejalan kaki yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni. Penumpang yang berjumlah minimal 5 orang atau akan menyeberang secara rombongan, kata Rudy, diberi pilihan dengan loket itu.

“jadi itu kita sediakan untuk memperlancar arus penumpang pejalan kaki. Penumpang yang rombongan bisa dilayani di loket itu secara kolektif.  Jadi biasanya ada penumpang yang sendirian,  ada juga yang nyeberang dengan rombongan.  Maka dari itu,  kita sediakan fasilitas itu,” Ungkapnya, Rabu (18/4).

Rudy memaparkan, pemberlakuan loket penumpang tidak selalu dioperasikan setiap hari. Loket hanya diberlakukan untuk masyarakat yang menyeberang di Pelabuhan Merak saat momentum tertentu diantaranya saat momentum libur panjang dan momentum hari libur nasional.

“jadi itu tidak diberlakukan setiap hari, hanya hari-hari khusus saja. Biasanya kan libur panjang itu high season dan banyak penumpang, kita berlakukan pada momentum itu. Termasuk pada hari libur nasional seperti libur Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal dan Tahun Baru dan hari libur nasional lainnya, ” Tandasnya.

Pantuan selatsunda.com di lapangan, loket khusus rombongan penumpang didirikan didepan loket umum. Sejumlah pekerja tampak tengah menyelesaikan pembuatan 4 loket khusus rombongan penumpang pejalan kaki itu tepat berada di pintu masuk Pelabuhan Merak. Pada kaca loket terlihat telah dipasang stiker bertuliskan “Loket pembelian minimal 5 orang” sebagai tanda petunjuk bagi penumpang khusus rombongan.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Mata Pensil Globalindo, Edo Yanuardo mendukung langkah ASDP dengan membuat loket tersebut. Penyediaan loket rombongan dengan pola kolektif namun tidak mengabaikan manivest penumpang itu, kata Edo, tidak akan mengurangi pelayanan. Bahkan, pelayanan penumpang dengan penyediaan loket itu jauh lebih cepat.

“sistemnya tetap sama kalau dibandingkan pelayanan diatas 5 penumpang dengan 1 penumpang. Tetap semua kita input data penumpang. dengan rombongan ini, kita langsung dapat collect data penumpang. Kalau misalnya penumpang diatas 5 orang, semuanya tetap terinput sejumlah itu dan ini jauh lebih cepat,” Paparnya.

Sejauh ini, kata Edo, petugas yang bertugas mengoperasikan sistem pada loket khusus itu telah disiapkan oleh pihaknya. Dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) Mata Pensil sebanyak 98 orang,  pihaknya berkewajiban  turut membantu pelayanan ketika loket tambahan itu dioperasikan.

“kalau ada penambahan loket tentunya dari kami juga akan menyediakan tambahan personil di lapangan, ” Urai mantan Kacab PT. MPG Cabang Bakauheni itu (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here