Petugas Basarnas Banten mengecek Kapal Tangker Fortune Glory XLI di Perairan Suralaya, Kota Cilegon setelah menerima sinyal marabahaya, Rabu (17/2/2021). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Basarnas Banten mendeteksi sinyal marabahaya dari Kapal Fortune Glory XLI yang tengah engker di Perairan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Rabu (17/2/2021). Sinyal destress yang dipancarkan lewat EPIRB (Emergency Position Indicating Radio Beacon) dari kapal tersebut terdeteksi oleh Local User Terminal (LUT) Basarnas Banten sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kita terima lewat LUT kita sekitar jam 10.00 WIB,” ungkap ujar Kasubsi Basarnas Banten, Hairoe Amir Abyan dikonfirmasi.

Pasca menerima sinyal, Tim SAR langsung turun ke lokasi. Sejumlah Personel dengan menggunakan Kapal RIB mengecek kapal berbedera Indonesia tersebut.

“Kondisi terakhir sudah dimatikan,” ungkapnya.

Sejauh ini, Basarnas telah memastikan tidak terdapat bahaya pada kapal tersebut. Pihaknya menduga sinyal kapal terpancar karena tidak disengaja tersenggol oleh kru kapal.

Baca juga  Jelang Pemilu 2024, Partai-partai baru Sowan ke KPU Cilegon

“Kita pastikan tidak ada bahaya disana. Untuk (dugaan) itu, kemungkinan (alat sinyal) tersenggol kru kapal,” tandasnya. (Ronald/Red)