Warga menyambangi pabrik PT Dover Chemical, Cilegon, Selasa (16/4/2019). Mereka datang untuk meminta penjelasan dugaan kejadian kebocoran gas kimia yang telah terdampak pada kesehatan warga. Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Warga di Lingkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon sudah tidak bisa lagi menahan luapan emosi lantaran banyak diantaranya terpapar bau menyengat. Kejadian yang diduga akibat dampak kebocoran gas bahan kimia dari pabrik PT Dover Chemical ini membuat kesehatan warga banyak terganggu.

Pantauan di lokasi, warga menyambangi Dover pada Selasa (16/4/2019) sekitar pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, warga sempat didatangi perwakilan pabrik saat berkumpul di SDN Sumur Wuluh. Warga tampak tidak menerima penjelasan yang disampaikan dan langsung memutuskan mendatangani pabrik.

Salah seorang perwakilan PT Dover Chemical, Rahmat memberi penjelasan kepada warga yang terdampak bau menyengat.

Baca : Terdampak Bau Menyengat, Sejumlah Warga di Sumur Wuluh Dilarikan ke Rumah Sakit

“Kalau ada kejadian, kasih tahu terdekat tuh masyarakat. Ini masyarakat tahu sendiri, ngga ada yang bakal kasih tahu, Dover ini. Sampah kali kita, tidak ada harganya,” ujar Ketua RW 03, Fatullah sambil memarahi sekuriti di depan pintu gerbang pabrik.

Tidak lama kemudian, beberapa mobil kendaraan dinas pemerintah baik BPBD Cilegon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cilegon, Inafis Satreskrim dan ambulance Polres Cilegon terlihat mendatangi pabrik itu. Hingga saat ini, warga masih berkumpul di depan pabrik untuk meminta penjelasan.

Baca juga : Bau Menyengat Resahkan Warga dan Siswa di Sumur Wuluh, Diduga Akibat Gas Bocor Dover Chemical

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, Ujang Iing dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia mengaku sudah mendapat laporan terkait dugaan bau menyengat yang bersumber dari Dover Chemical.

Warga menggunakan masker saat di Pabrik PT Dover Chemical

“Dibagian mananya saya lupa namanya, tapi PT Dover Chemical sedang melakukan start up. Soal baunya itu kenapa atau ada yang bocor atau bagaimana akan kita konfirmasi lagi,” paparnya.

Dalam waktu dekat ini, kata Iing, DLH akan memanggil pihak Dover Chemical untuk meminta penjelasan kejadian tersebut.

“Hari Kamis nanti kita panggil. Akan kita konfirmasi kenapa itu bisa menimbulkan bau menyengat,” paparnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?