Siswa SDN Sumur Wuluh, Limgkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon dipulangkan kegiatan belajar mengajar akibat terganggu bau menyengat, Selasa (16/4/3019). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Warga di Lingkungan Sumur Wuluh, Kecamatan, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, diresahkan dengan adanya bau kimia menyengat, Selasa (16/4/2019) sekitar pukul 10.30 WIB. Para siswa SDN Sumur Wuluh yang tengah belajar mengajar mengalami mual-mual. Bukan hanya mual, bau yang diduga berasal dari kebocoran kimia PT Dover Chemical di Plant B ini membuat siswa mengalami kondisi perih di mata.

“Awal kejadian tiba-tiba bau ke mata pedih mual seperti itu. (dari) PT Dover Chemical, pabrik yang paling deket. Sebenernya bau itu dari jam 10 udah kerasa cuma belum seberapa begitu jam 11 mnyengat pedes saya pulangin anak-anak sekolah,” ujar salah seorang guru, Sam’ani saat ditrmui di sekolah, Selasa (16/4/2019).

Akibat kondisi itu, kata dia, para murid yang tengah belajar dipulangkan karena tida dapat menahan tahan bau menyengat tersebut.

Warga di lokasi juga mengeluhkan kondisi yang sama. Mereka tampak menggunakan masker penutup mulut untuk menghindari bau menyengat.

Sam’ani menduga, bau itu bersumber dari kebocoran kimia pabrik PT Dover Chemical yang lokasinya tak jauh dari sekolah.

“Banyak yang ngeluh pedih mual, anak sendiri yang minta pulang ke gurunya karena saya rasa itu,” paparnya.

Warga yang dilokasi turut memeriksa kualitas udara dengan alat pengukuran formaldevyde gas meter yang ada. Angka kualitas udara mencapai 600 ppm. Dari hasil penyuluhan pihak perusahaan, jika angkanya mencapai 100 ppm maka harus ada tindakan. Itu menandakan kualitas formalin yang mencemari lingkungan sudah sangat berbahaya.

“Kalau udah sampe lampu kuning harusnya pihak perusahaan ngasih kode, tadi sampe 600 ppm itu udah merah, harusnya udah ada tindakan evakuasi apa gimana,” tandasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?