Jalan Bonakarta, Kota Cilegon yang baru dibangun tampak dipasang portal, Rabu (29/1/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Jalan Bonakarta, Kelurahan Masigit, Kota Cilegon yang baru dibangun dengan anggaran belasan miliar tampaknya tidak bisa dilalui sepenuhnya oleh pengguna jalan. Jalan itu dikeluhkan karena diportal.

Pantauan Selatsunda.com, jalan tersebut di portal dua arah. Ruas jalan dari arah jalan Jayakarta menuju SA Tirtayasa diportal penuh dengan besi melintang tepat diantara batas jalan yang dibangun Pemerintah Kota Cilegon dan kawasan Bonakarta. Untuk di ruas sebaliknya, portal menutup setengah jalan.

Tampak kendaraan mobil yang mengarah ke Jalan SA Tirtayasa memilih berbalik arah karena jalan tersebut diportal. Terlihat juga pemotor tidak bisa melintas di ruas jalan itu. Sebagian tampak memilih untuk melintas di jalan lingkungan dan sebagian lagi tidak memutar arah tetapi memaksa untuk melintas jalan setapak persis disamping kiri portal.

Baca juga  2023, Bank Banten Bukukan Laba Rp 26,59 Miliar

“Susah amat mau lewat, gara-gara diportal begini,” ucap salah satu pemotor ketika melintas di jalan samping portal, kemarin.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon, M Ridwan tidak mengetahui jalan Bonakarta di portal. Mendapat laporan itu, DPUTR akan menegur pihak yang bertanggung jawab di kawasan tersebut.

“Itu mungkin tidak boleh ada kendaraan besar. Tapi coba nanti kita tegurlah, karena itu tanpa sepengetauan kita,” ungkapnya.

Ia mengaku, sebagian jalan di Bonakarta memang masih milik pengelola kawasan dan belum diserahkan. Sebelumnya, kata Ridwan, pengelola sempat datang ke DPUTR bermaksud untuk mengurus penyerahan aset namun belum ada kelanjutan karena proses penyerahan harus melalui prosedur.

Baca juga  2023, Bank Banten Bukukan Laba Rp 26,59 Miliar

“Itu memang belum diserahkan, karena masih punya Bonakarta. Memang (pegrlola Bonakarta) pernag kesini, pernah menanyakan, surat permohonan penyerahan aset. Tapi kami bilang, itu harus survei dahulu. Bentuk tim dahulu, tidak sembarangan nyerahin,” tuturnya.

Diketahui dari laman situs LPSE Kota Cilegon, pembangunan jalan Bonakarta dilakukan sejak 2018. Saat itu, pekerjaan pembangunan dengan melaksanakan Peningkatan Struktur Jalan Bonakarta senilai Rp 9,2 miliar dan dimenangkan ole PT Rismi Jaya. Pada 2019, pembangunan kemudian dilanjutkan. Pelaksanaan pembangunan dikerjakan oleh PT Tria Laksana Jaya dengan sumber APBD 2019 senilai Rp 10 miliar. (Ronald/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini