Bupati Pandeglang, Irna Narulita melakukan bersih-bersih pantai di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Kamis (2/8/2018). Foto Humas Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG, SSC – Bupati Pandeglang Irna Narulita langsung bersih-bersih tumpukan sampah di Pantai Teluk Labuan menyusul ramainya tanggapan netizen atas cuitan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti di Twitter.

Lewat cuitan di Twitter, Susi meminta kepala daerah untuk segera membersihkan pantai Teluk-Labuan. Hal demikian dikarenakan, polusi laut akan merusak sumber daya perikanan.

Informasi yang dihimpun, Irna bersama Forkominda langsung bebersih area pantai Teluk Labuan. Sebanyak 15 truk dan 1 beko dioperasikan guna mengurai tumpukan sampah yang menggunung. Termasuk dibantu oleh puluhan petugas gabungan lintas instansi. Kepada media Irna mengaku, pemkab masih menemukan kendala untuk membersihkan seluruh tumpukan sampah di hamparan pantai Teluk Labuan. Kendala itu karena belum tersedianya Tempat Penampungan Akhir (TPA). Sekalipun terdapat di Kecamatan Cigeulis, namun TPA itu tidak dapat digunakan karena mangkrak.

“Kita perlu waktu, sarana sekarang TPA baru ada dua. Ada satu lagi masih dalam tahapan pembangunan. Engga tau itu kementrian PUPR mandek, saya engga tau ini penyebabnya,” kata Irna saat ditemui di Kampus UNMA Banten.

Agar pantai tidak tercemar, kata Irna, pemkab berjanji akan memberlakukan Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang Kebersihan dan Ketertiban (K3), dan Perda Nomor 4 tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah, dan Perbup Nomor 84 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kebersihan.

Melalui regulasi itu, masyarakat yang membuang gelas plastik, sampah puntung rokok, dan botol, akan didenda sebesar Rp100 ribu. Jika satu kantong sampah dikenakan denda Rp250 ribu. Sedangkan bila volume sampah lebih besar dari kantong, maka nilainya Rp500 ribu.

Sementara apabila membuang sampah di bantaran sungai dan pantai, akan diberlakukan denda sebesar Rp1 juta atau kurungan 3 bulan penjara.

“Sambil berjalan proses pengerukan sampah ini, kami juga akan sosialisasikan kepada masyarakat terkait denda jika buang sampah sembarangan” katanya. (Azis/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here