Kepala Diskomsantik Pandeglang, Yahya Gunawan diwawancara. Foto Abdul Ajis/Selatsunda.com

PANDEGLANG, SSC – Dinas Komunikasi Informatika, Sandi dan Statistik, (Diskomantik) Kabupaten Pandeglang akan meluncurkan aplikasi Pandeglang Satu Data pada Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Aplikasi yang akan diluncurkan pada 17 Agustus itu diklaim Diskomantik sebagai aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam membutuhkan data di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Kepala Diskomsantik Pandeglang, Yahya Gunawan mengatakan, aplikasi satu data yang akan diluncurkan tersebut akan langsung dapat di uji coba setiap OPD. Masing-masing OPD akan diberikan akun resmi untuk bisa memutakhirkan informasi yang ada di dinas.

“Dinas terkait yang tidak memiliki web tapi mereka bisa mengakses aplikasi tersebut.
Kita akan berikan akun, dan masing-masing dinas ini bisa memasukan data setiap ada perubahan,” kata Yaya kepada Selatsunda.com saat ditemui diruang kerjanya, Senin (6/8/2018).

Masing-masing OPD,  kata Yahya, hanya memiliki satu akun resmi.  Hal itu diterapkan agar dapat memudahkan Diskomantik meminta data ke dinas terkait.

“Nanti ada kesepakan dengan semua OPD akan siapa yang memegang akun ini. Tidak boleh ada dua orang yang memegang akun ini. Dan harus satu orang yang memegang akun ini,” paparnya.

Aplikasi itu, ditambahkan Yahya, nantinya juga dapat langsung diakses masyarakat Pandeglang. Masyarakat baik yang belum memiliki E-KTP dan data anak putus sekolah dapat melaporkan masalah itu dengan menggunakan aplikasi tersebut.

“Data ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat, peneliti dan akademisi sehingga bisa langsung dicetak,” tambahnya. (Azis/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here