CILEGON, SSC – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten membuat komitmen untuk membentuk Unit Kepatuhan Internal (UKI) dalam meningkatkan pengawasan disiplin kerja pegawai di internal. Pembentukan UKI itu dilakukan agar KSOP dan Unit Penyelenggara Pelabuhan yang ada di Banten dapat menjadi wilayah kerja bebas dari korupsi.

Hal ini diungkapkan Kepala KSOP Banten, Herwanto pada kegiatan Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi, WBS, Penanganan Benturan Kepentingan dan Unit Kepatuhan Internal di The Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Selasa (30/7/2019).

“Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka menciptakan KSOP menjadi wilayah integritas yang bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme. Diharapkan dengan sosialisasi ini, semua pegawai dapat memahami makna dan tujuan kegiatan ini sehingga bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ia mengatakan, sosialisasi pengendalian kepatuhan internal ini turut menyangkut bagaimana upaya pihaknya mencegah tindak pidana korupsi terutama tentang gratifikasi. Dengan belajar pada kasus korupsi yang sebelumnya sempat menjerat salah satu pegawai KSOP, harap dia, dapat menjadi cambuk bagi pegawai untuk bekerja sesuai aturan.

“Itu menjadi cermin kita melangkah lebih baik kedepan yaitu dengan cara melakukan pengawasan melekat pada pegawai, membuat rambu-rambu seperti di kantor sudahcada spanduk-spanduk, banner, yang melarang kegiatan gratigfikasi dan sebagainya diharapkan semua menjadi jera dengan kejadian itu,” tuturnya.

Selain pengendalian gratifikasi, Herwanto juga menyinggung pengendalian internal dengan cara Wistle Blower System (WBS). Saat ini, kata dia, pegawai dapat melaporkan jika menemukan persoalan yang menyimpang aturan di unit kerja masing-masing.

Sementara, Inspektur 2 Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Perhubungan, Imam Hambali hadir selaku pemateri sosialisasi menyatakan, pengendalian internal di wilayah unit kerja Kemenhub di Banten nantinya akan dipimpin oleh Kepala KSOP Banten selaku pimpinan UKI. Pertanggungjawabnnya nanti akan dituangkan dalam laporan yang disampaikan kepada Itjen Kemenhub.

“Upayanya kita lebih meningkatkan (pengendalian kepatuhan internal). Ada saya (Isnpektur II), kan mengawasi keseluruhan. Saya minta disini (Pimpinan UKI) pak KSOP, wakil Kementerian Perhubungan Laut. Kita menerima laporannya saja. Laporannya per tiga bulannya. Dalam waktu dekat, teknisnya seperti apa, ada pendomannya juga,” tuturnya.

Saat ini, menurut dia, kerja pegawai dibawah naungan KSOP dan Unit Penyelenggara Pelabuhan yang ada di Banten sudah jauh lebih baik dari tahun ke tahun. Diharapkan seluruh jajaran Kemenhub di Banten dapat berkomitmen menjalani aturan yang diterapkan dengan sebaik-baiknya.

“Sudah lebih baik, memang kita tidak bisa keseluruhan. Jadi saya melihat track record pak KSOP, beliau komit terhadap gratifikasi dan aturan yang dipatuhi semua pegawai,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here