Ilustrasi (fotografis Selatunda.com)

CILEGON, SSC – Pandemi Covid-19 masih belum mereda. Kian hari mengancam masyarakat Indonesia tak terkecuali masyarakat Kota Cilegon.

Kini virus ini mulai menyentuh kluster di Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Cilegon. Dimana salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Cilegon dari Dinas Sosial (Dinsos) dan Puskesmas Grogol terpapar Covid-19, belum lama ini.

Plt Kepala Dinkes Kota Cilegon Dana Sujaksani tidak mengelak salah satu ASN berinisial DR terdeteksi reaktif Covid-19 pada Senin (17/8/2020) kemarin. DR karena terpapar kemudian mendatangi Rumah Sakit Umum Banten (RSUB) untuk dirawat, di hari yang sama.

“Di hari yang sama pula, DR swab secara mandiri. Hasilnya muncul pada Rabu 19 Agustus 2020, yakni terkonfirmasi positif covid-19,” ujar Dana saat dikonfirmasi, Minggu (23/8/2020).

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Ia menambahkan, untuk meminimalisir penularan Covid-19 di lingkup pemerintahan, pihaknya langsung mengambil tindakan dengan melakukan screening kepada 58 ASN di Dinas Sosial. Dari hasil rapid test, 1 ASN dinyatakan reaktif Covid-19.

“1 ASN yang reaktif ini langsung swab setelah diketahui reaktif. Hasilnya masih ditunggu,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Cilegon Sari Suryati tak menampik jika pusat pemerintahan telah menjadi kluster baru terhadap penularan Corona. Oleh karena itu, ia meminta agar penerapan protokol kesehatan di Lingkup Pemkot Cilegon lebih ditingkatkan kembali.

“Kemarin kami mendengar ada ASN kami yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Oleh karena itu, kami ingin menekankan sekali lagi agar protokol kesehatan tetap dikedepankan oleh para ASN,” kata Sari.

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

Sementara itu, Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, tercatat ada 2 ASN yang terkonfirmasi covid-19 di Lingkungan Pemkot Cilegon.

“Terakhir itu DR, ASN di Dinsos Kota Cilegon. Karena itulah Perwal Penegakan Aturan Protokol Kesehatan cukup mendesak. Saya akan terbitkan Senin 24 Agustus 2020,” pungkasnya. (Ully/Red)