Sejumlah pengurus RAM Grogol menggelar deklarasi pengalihan dukungan kepada Iye-Awab yang digelar di Lingkungan Tegal Wangi Kampung Baru, Kelurahan rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon Minggu (22/8/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Eskalasi politik di Kota Cilegon kian memanas jelang pendaftaran Pilkada Cilegon 2020. Dukungan sejumlah relawan yang tadinya tergabung dalam Relawan Ati Marliati (RAM) kini beralih kepada Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, Iye Iman Rohiman-Awab.

Hal ini nampak terlihat dalam deklarasi dukungan Bacalon Iye-Awab yang digelar di Lingkungan Tegal Wangi Kampung Baru, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Minggu (23/8/2020).

Beberapa RAM yang hadir diantaranya Sekretaris RAM Kecamatan Grogol, Taufiqqurohman Waisul, Wakil Ketua RAM Kecamatan Grogol Edih Hariadi, Bendahara RAM Rouf dan pengurus relawan lainnya.
Hadir juga dalam deklarasi yakni Sahruji yang sebelumnya diberhetikan Golkar Cilegon dari jabatannya sebagai Waki Ketua.

Mantan Sekretaris RAM Kecamatan Grogol
Taufiqqurohman Waisul mengatakan alasannya dan pengurus RAM Kecamatan Grogol membelot dan beralih dukungan ke Iye-Awab didasari tanpa adanya unsur paksaan dan desakan dari siapapun.
Keputusanya itu diambil karena semua program yang dimiliki pasangan Iye-Awab dianggap masuk akal. Ia juga menyatakan, alasan lainnya karena mengikuti langkah senior Golkar, Sahruji yang telah beralih dukungan ke Iye-Awab.

Baca juga  DPP Berkarya Optimis Dapat Kalahkan Calon Pertahana di Pilkada Cilegon

“Alasannya sih simpel aja. Saya melihat Abah Sahruji (Ketua Tim Pemenangan Iye-Awab) secara resmi beralih dukungan. Kedua, program-program yang disajikan oleh pasangan calon pun dianggap masuk akal dan cukup rasional,” kata Taufiqqurohman kepada awak media ditemui salah satu rumah makan di Grogol usai deklarasi, Minggu (23/8/2020).

Ia menambahkan, dukungan terhadap Iye-Awab juga diikuti oleh pengurus RAM lainnya. Baik Wakil Ketua RAM Kecamatan Grogol Edih Hariadi, Bendahara RAM Rouf, Ketua Tim Pemenangan Kelurahan Rawa Arum Fahrum Roji dan Ketua Kelurahan Grogol Opan. Seluruhnya, kata Taufiqqurohman, bertekad untuk memenangkan Iye-Awab di Pilkada Cilegon.

“Kalau ditotalkan di lingkungan saya aja sudah ada 27 RT yang beralih dukungan ke pasangan Iye Iman Rohiman-Awab. Dan kami bertekad untuk mendukung dan memenangkan pasangan Iye Iman Rohiman dan Awab di Pilkada Cilegon,” tungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Iye-Awab, Sahruji menjelaskan, pengurus RAM beralih dukungan ke pasangan Iye-Awab didasari adanya hubungan emosional yang terjalin dan sikap loyalis terhadap dirinya. Hubungan itu terjalin sejak mengurus pemenangan Golkar di Dapil Grogol-Pulomerak saat Pileg 2019.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

“Tidak bisa dipungkiri inilah hasil investasi sosial saya selama menjadi kader Partai Golkar. Mereka (loyalis) di zona 3 lah yang bersama-sama berjuang ketika saya ikut Pileg. Dan saya tekankan lagi, tidak ada paksaan kepada siapapun yang mau mendukung maupun beralih dukungan ke Iye-Awab,” papar Sahruji.

Selain faktor itu, lanjutnya, para relawan Ati Marliati ini beralih dukungan ke pasangan Iye-Awab karena geram dengan keputusan Golkar memberhentikannya dari partai.

“Saya pribadi mau legowo dan ikhlas diberhentikan oleh partai. Tapi emosional teman-teman tidak suka saya diperlakukan seperti oleh Golkar. Melihat saya diperlakukan seperti itu, maka hari ini seluruh kader maupun teman-teman saya mulai membanjiri mendukung pasangan Iye-Awab,” pungkasnya.

Tak menutup kemungkinan, papar Sahruji, beberapa tim RAM lainnya juga akan berpindah gerbong dukungan kepada Iye-Awab pada Pilkada Cilegon (Ully/Red)