Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Cilegon Lili Ariadi menunjukan hasil kerajinan batik Cilegon di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (25/9/2018). Foto Ist

CILEGON, SSC – Berbagai koleksi Batigon (Batik Cilegon) kembali meramaikan ajang Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat. Acara yang diselenggarakan selama tiga hari mulai dari Rabu (26/9/2018) hingga Minggu (30/9/2018) ini akan langsung dibuka oleh Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla.

Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Cilegon Lili Ariadi mengaku, pada pameran ini, ada puluhan motif dan lima jenis warna menarik yang akan diperkenalkan. Lima motif ini diantaranya, motif gambar Landrmak, motif masjid raya dan motif industri.

“Kami bangga dengan terselenggaranya ajang ini. Di mana, 32 provinsi di Indonesia menampilkan identitas mereka diajang bergengsi ini. Selain itu, kita ingin menunjukan ke semua orang kalau Kota Cilegon bukan hanya dikenal dengan segudang industri tapi ada batik Cilegon asli,” kata Lili saat dikonfirmasi,” Selasa (25/9/2018).

Lili mengaku, sebagai ketua Dekranasda Cilegon, Ia berkeinginan batik Cilegon tak hanya dikenal di lokal saja tetapi juga di mancanegara. Supaya produk hasil kreatifitas Cilegon dapat diketahui oleh semua orang.

“Kalau bukan kita yang mengenalkan batik sendiri terus siapa lagi? Jadi harus bangga lah dengan kreasi sendiri. Batikgon enggak berbeda dengan batik lainnya,” ujarnya.

Selain memamerkan sejumlah motif batik, lanjut Lili, ada beberapa cenderamata dan suvenir menarik yang terbuat dari batik Cilegon yang akan diperkenalkan di JCC.

Seperti, tempat tissu dari batik Cilegon, kipas dari bahan batik Cilegon, kalung dari batik Cilegon, taplak meja dari batik Cilegon dan bunga dari hasil bahan batik Cilegon.

“Saya berharap dengan kontribusi dan keikutsertaan Batikgon di JCC, masyarakat lokal maupun mancanegara dapat mengenal Kota Cilegon yang khas dengan batigonnya,” ucapnya.

Disinggung menegenai target penjualan dipameran ini, Lili engan menjawab secara detail target penjualan tersebut. Namun, ia berharap, semua peserta pameran maupun masyarakat bisa mengenal dan mengetahui batik khas Cilegon. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here