Petugas gabungan merobohkan bangunan liar yang berada di depan pintu masuk Pasar Kranggot, Kota Cilegon,” Selasa (23/3/2021). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Satpol PP dan Dinas Perindag merobohkan puluhan bangunan liar (bangli) pedagang emprakan di pintu masuk Pasar Kranggot, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Selasa (23/3/2021) pagi tadi. Hal itu dilakukan karena keberadaan bangli menganggu akses jalan pintu masuk serta estetika pasar.

Sekretaris Disperindag Kota Cilegon Bayu Pratagama menjelaskan, penertiban bangli pedagang dilaksanakan sesuai instruksi Walikota Cilegon, Helldy Agustian untuk menata dan merapikan pedagang berjualan di hanggar yang telah disediakan.

“Selama ini keberadaan mereka (bangli) kerap menutup akses jalan. Oleh karena itu, kami ingin mensterilkan lokasi ini dari kendaraan umum agar tidak berhenti di depan pertokoan,” kata Bayu saat ditemui di lokasi Pasar Kranggot.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

Terpisah, Kepala Bidang LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) pada Dishub Cilegon, Hendra Pradipta, pihaknya dalam kegiatan tersebut membantu Disperindag dalam menertibkan para pedagang. Sehingga pedagang tidak lagi mendirikan bangli dan tidak menimbulkan kemacetan kendaraan.

“Kami berharap agar kendaraan roda dua, pribadi maupun umum untuk tidak berhenti disembarang tempat. Kita anggota ada 47 orang yaitu petugas dalops dan Garut untuk mencegah terjadinya kemacetan di dalam pasar,” pungkasnya. (Ully/Red)