Massa pengunjukrasa berkumpul usia mediasi di PT Chandra Asri Petrochemical, Kecamatan Ciwandan, Cilegon, Kamis (4/10/2018). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – PT Chandra Asri Petrochrmical, Tbk (PT CAP) membantah tudingan tidak mengakomodir kepentingan masyarakat terutama mengenai ketidakberpihakan kepada pengusaha lokal tentang lelang scrap. Hal itu ditegaskan Manager Communication Development PT CAP, Endang Suyatno menanggapi aksi unjukrasa yang dilakukan Aliansi Mayarakat Taman Baru Bersatu Cilegon dan Anyer di pabrik kimia yang ada di Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

“Soal penjualan scrap itu sudah ada mekanismenya, sudah ada aturannya dari perusahaan. Kami membuka kesempatan yang sama pada seluruh perusahaan, tidak ada yang dibeda-bedakan” ungkap Endang, Kamis (4/10/2018).

Ia menegaskan, seluruh pengusaha diberikan kesempatan yang sama dan keleluasaan untuk dapat turut serta dalam lelang terbuka. Lelang juga diadakan sesuai mekanisme dan prosedur yang dipersyaratkan.

“Selama ini yang ikut tender juga pengusaha lokal semuanya. Jadi jika ingin ikut serta dalam lelang harus mengikuti mekanisme yang ada, tidak bisa sembarang. Kami lakukan semuanya secara fair dan benar sesuai dengan prosedur yang ada,” paparnya.

Sementara itu, Koordinator Aksi, Tubagus Riky Suhendra usai mediasi mengatakan, CAP berjanji akan mengakomodir tuntutan yang disampaikan. Tuntutan terkait tenaga kerja dan keterbukaan tender untuk pengusaha lokal disanggupi CAP dalam mediasi.

“Chandra mau memperhatikan, lebih perduli kepada kami dan membuka diri untuk masalah baik masalah tenga kerja baik masalah peluang tender dan sebagainya, beliau akan lebih perduli dan kami pun sudah dianggap masuk dalam ring satu,” paparnya.

Bilamana kesepakatan dalam notulen mediasi tidak disanggupi CAP maka pihaknya akan melakukan kembali aksi demontrasi.

“Lagi dibuat notulennya, disepakati dan masyarakat saya bubarkan. Kalau komitmen yang telah dibuat Chandra Asri ini tidak sesuai dengan yang di sampaikan, saya akan bikin gerakan yang lebih besar, ” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here