CILEGON, SSC – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cilegon berhasil mengungkap tiga pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor yang sering berkeliaran di wilayah Cinangka, Kabupaten Serang. Pelaku ini berinisial WH (33), SY (31) dan RH (37). Pada setiap aksi, para pelaku hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik untuk dapat menggasak satu unit kendaraan yang menjadi sasaran mereka.

Kapolres Cilegon, AKBP Rizki Agung Prakoso mengatakan, tiga pelaku sudah melakukan aksi pencurian sejak Febuari 2019 lalu di dua lokasi yang berbeda-beda. Lokasi pertama, terletak di Pantai Sambolo, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Lokasi kedua, di Perumahan Kubang Baros, Kecamatan Cinangka. Pelaku mengandalkan kunci T dan magnet untuk menggencarkan aksi mereka. Dari aksi yang dilakukan, para pelaku berhasil menggasak kurang lebih 14 unit kendaraan dari berbagai merk.

“Dari hasil pengembangan petugas, kami berhasil menemukan 14 unit kendaraan dari tangan pelaku. Pelaku, ini hanya bermodal kunci magnet dan kunci T, pelaku berhasil mengasak kendaraan yang menjadi sasaran mereka. Hanya butuh waktu 5 detik motor sudah dibawa kabur pelaku. Masing-masing pelaku memiliki perannya. Ada yang mengambil dan ada yang menjual hasil curian tersebut,” kata Rizki kepada awak media saat pengungkapan kasus perkara di Polres Cilegon, Senin (8/4/2019).

Ia menambahkan, WH dan komplotannya telah melakukan aksis pencurian di 11 TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang ada di wilayah Cinangka. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.

“Untuk mempertanggungjawabkan kejahatan ya ini, pelaku dikenakan penjara penjara selama 7 tahun,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pelaku WH mengaku sudah melakukan aksinya ini sebanyak 4 kali. Ia beraksi dengan bermodal kunci T dan magnet untuk menggasak motor curian.

“Awalnya sih saya ngambil kelapa muda di depan rongsokan. Pas itu, saya lihat ada dompet kecil yang berisi kunci magnet ini. Saya tanya ke orang gunanya kunci ini. Ternyata bisa buat nyuri motor. Akhirnya, dengan menggunakan kunci magnet saya ambil motor ini,” ucapnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here