Antrean kendaraan menuju Pelabuhan Merak saat angkutan Hari Labaran 2018 lalu. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Jumlah penumpang pada Angkutan Hari Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak akan mengalami kenaikan. Jumlah diprediksi naik 15 persen dibanding tahun lalu.

General Manager PT ASDP Cabang Merak, Solikin menyatakan, kenaikan jumlah penumpang merata di seluruh golongan penumpang baik pejalan kaki, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat pribadi, bus dan truk.

“Kalau kami memprediksi, untuk statement ASDP itu sampai saat ini naik 15 persen. Nanti akan ada ekspos mungkin dari kementerian. Tetapi dari ASDP itu masing – masing moda transportasi ada kenaikan 15 persen,” kata Solikin, Jumat (3/5/2019).

Ia menyatakan, prediksi kenaikan itu dilatar belakangi oleh beberapa hal. Diantaranya telah tersedianya infrastruktur Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Pulau Sumatera. Selain itu, kata dia, ada pergeseran perilaku penumpang yang tadinya menggunakan moda transportasi udara kini beralih dengan moda transportasi penyeberangan laut.

“Kenapa (beralih), karena ada dijalankannya tol (JTTS) ya. Salah satunya karena itu. Kemudian juga tiket pesawat yang harganya relatif cukup mahal dan naik,” terangnya.

Baca : Ratusan Truk Menggular Panjang Hingga Keluar Pelabuhan Merak

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, ASDP akan memaksimalkan 7 dermaga yang ada di Pelabuhan Merak. Sebelumnya pada Rabu (1/5/2019) lalu, ratusan kendaraan menumpuk di Pelabuhan Merak lantaran dua dermaga di Bakauheni mengalami kerusakan. Menanggapi ini, kedua dermaga tersebut dipastikan selesai diperbaiki awal bulan ini.

“Yang diperbaiki ada dua, dermaga 5 dan 6 di Bakauheni. Untuk dermaga 5 itu ada kejadian yang luar biasa, itu sempat tertubruk SMS Mulawarman dalam minggu-minggu kemarin. Itu sudah dikerjakan dan besok akan selesai. Sementara untuk dermaga 6, tanggal 5 mei sudah selesai. Termasuk penyempurnaan dermaga 7, H-15 (Limabelas hari sebelum Lebaran) kita pastikan selesai semua,” tandasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?