TANGERANG,  SSC – Sejumlah otoritas pelabuhan yang berkecimpung dalam pelayaran di Provinsi Banten memberikan sumbangan ratusan alat keselamatan kepada nelayan tradisional Cituis,  Kabupaten Tangerang, Selasa (10/7/2018). Alat keselamatan yang juga terkumpul berkat bantuan sejumlah industri itu diberikan dengan tujuan meningkatkan keperdulian dalam menjaga keselamatan para nelayan saat berlayar.

Turut hadir pada kegiatan yang bertema
Perduli Keamanan dan Keselamatan Jiwa di Perairan dengan menggunakan alat keamanan dan keselamatan pelayaran itu,  Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Karangantu,  Amarullah Djamil, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Banten, Johnny Siagian,  para petinggi daerah baik Dinas Perhubungan Banten,  Jasa Raharja Banten,  TNI dan kepolisian maupun jajaran otoritas pelayaran lainnya.

Kepada selatsunda.com, Kepala KUPP Karangantu,  Amarullah mengatakan,   nelayan tradisional di Banten masih tergolong minim fasilitas alat keselamatan.  Menurutnya, setiap kapal yang menyediakan jasa transportasi antar pulau wajib menjamin aspek keselamatan penumpang.

“Saya melihat nelayan di Banten masih belum begitu menyadari pentingnya keselamatan berlayar.  Padahal itu penting sekali. Salah satu pentingnya itu bagi masyarakat yang masih menggunakan transportasi kapal tradisional nelayan,” ungkap Amarullah.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah,  sambung Amarullah, KUPP Karangantu dan otoritas pelayaran di Banten tidak berhenti untuk terus mensosialisasikan pentingnya keselamatan pelayaran. Pemberian bantuan alat keselamatan inipun dicetuskan sebagai wujud kepedulian para otoritas untuk membantu dalam menjamin keselamatan salah satunya kepada para nelayan kapal tradisional di Kabupaten Tangerang.

“Sebenarnya setiap tahun dilaksanakan sosialiasasi keselamatan. Rekan-rekan (nelayan) kami ini kan melayani jasa angkut kepada masyarakat dari Pulau Seribu ke Kabupaten Tanggerang untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. Agar masyarakat terjamin,  alat keselamatan harus tersedia diatas kapal, ” tandasnya.

Diketahui,  Ratusan alat keselamatan itu disumbangkan dari KUPP Karangantu,  Jasaraharja Banten dan sejumlah unsur pelakh industri baik PT Bantera Adhiguna,  PT Wasaka dan PT Samudera Marine Indonesia. Alat keselamatan  berupa life jacket dan life ring boy itu diberikan secara gratis kepada 20 kapal nelayan di wilayah pos Cituis, 8 kapal di pos Kronjo dan 5 kapal di pos nelayan Tangerang Pasir.

“Lewat pemberian ini mudah-mudahan dapat menjadi motivasi bagi pemilik atau operator kapal tradisional dan dapat juga terbantu,” terangnya (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here