Pabrik PT Krakatau Nippon Steel Sumikin yang ada di Kawasan Kiec, Cilegon Diresmikan. Peresmian ditandai dengan penekanan sirine oleh Dirut KS, Mas Wigrantoro, Presiden Direktur KNSS, Mr. Naomasa, Asda I Provinsi Banten, Anwar Mas'ud, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin Harjanto dan Mr Kosei Shindo dari Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation. Foto Ronald Siagian/Selatsunda.com

CILEGON,  SSC – Pabrik baja otomotif, PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) yang berlokasi di Kawasan Induatrial Estate Cilegon,  akhirnya diresmikan, Selasa (7/8/2018) setelah memulai pembangunan sejak tahun 2012. Pabrik patungan antara  Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk ini akan menghasilkan baja otomotif dengan kapasitas produksi 480.000 metrik ton per tahun. Pabrik ini akan menghasilkan produk berupa cold-rolled annealed steel, hot-dip galvanized steel untuk segmen otomotif serta galvannealed. Termasuk lembaran baja untuk panel luar otomotif dan lembaran baja berkekuatan tinggi hingga kelas 1.2GPa.

Direktur Utama PT KS, Mas Wigrantoro Roes Setiadi dalam sambutannya mengatakan, utamanya keberadaan KNSS diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cilegon.  Sebagai industri baja otomotif, kata Dirut KS, KNSS juga diharapkan dapat menghasilkan baja berkualitas tinggi dalam memenuhi pangsa pasar dalam negeri.

“Jadi salah satu harapan kami dengan keberadaan KNSS ini, dengan memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat cilegon. Selain itu juga ada kemampuan mensupplai produk yang berkualitas tinggi yang ditujukan untuk subtitusi atau mengurangi subtitusi yang selama ini masih diproduksi negara lain untuk memenuhi pasar dalam negeri,” ungkapnya.

Sebagai produsen baja otomotif, Wigrantoro juga berharap, industri otomotif di Jepang dapat menggunakan produk KNSS. Diketahui, Perusahaan dengan pembagian kepemilikan saham Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation sebesar 80 persen dan KRAS sebesar 20 persen dari nilai investasi awal sebesar USD 300 juta itu sudah mulai berproduksi dan dikomersilkan.

“Kami berharap,  industri otomotif yang ada di Indonesia bisa menggunakan produk KNSS. Kami berharap bahwa KNSS bisa diterima.  Dengan demikian maka tujuan investasi KNSS bisa tercapai,” tandasnya.

Hadir dalam Open ceremony dan Peresmian Pabrik GAPL PT KNSS, Presiden Direktur KNSS, Mr. Naomasa, Asda I Provinsi Banten, Anwar Mas’ud, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin Harjanto dan Mr Kosei Shindo dari Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation. Peresmian ditandai dengan penekanan sirine bersama. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here