Foto Ilustrasi (sumber google image)

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon telah resmi membuka pendaftaran pengisian seleksi terbuka untuk jabatan 4 tertinggi pratama. Lelang jabatan digelar pada 22 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Pejabat yang memenuhi standar dan kualifikasi nantinya akan langsung menjabat di OPD yang dilelangkan. Sementara untuk jabatan Asisten Daerah (Asda I) tidak dapat dilelangkan lantaran terjadi beberapa kendala.

Demikian disampaikan Sekda Kota Cilegon Sari Suryati mengatakan, usai melakukan berbagai konsultasi ke Kemendagri, Pemkot Cilegon diizinkan untuk menggelar open bidding. Selain itu, pihaknya juga telah membentuk Pansel (Panitia Seleksi) terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama. Untuk tim pansel lelang jabatan sekda berbeda dengan dengan tim pansel untuk tiga jabatan lain.

Baca juga  Akhir 2020, Perda Penanggulangan Covid-19 di Kota Cilegon Disahkan

“Ada perbedaam antara tim pansel sekda dan tim pansel lelang jabatan. Untuk tim pansel sekda, terdapat perwakilan dari Pemprov Banten. Sedangkan tim pansel di Cilegon, saya pun masuk didalamnya,” katanya kepada awak media ditemui di ruang kerja, Rabu (22/7/2020).

Ia menjelaskan, beberapa persoalan Pemkot Cilegon tidak melakukan lelang jabatan ke Asda I Setda Pemkot Cilegon. Yaitu, Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti), sistem informasi terintegrasi terkait Jabatan Tinggi Pratama (JPT), merupakan aplikasi promosi dari esselon III ke esselon II.

“Jadi, Sijapti hanya bisa mengakomodir lelang jabatan kepala dinas. Sementara jabatan asda, selaku koordinator dinas-dinas, tidak terakomodir Sijapti,” ujarnya.

Karena persoalan ini, pihaknya berencana untuk melakukan rotasi, disela-sela lelang jabatan. Terkait hal ini, Sekda mengaku tengah meminta izin ke Kemendagri.

Baca juga  Pemkot Cilegon Cicil Rp 30 Miliar Beli Lahan Milik PT KS

“Jabatan Asda I ini penting, kan salah satu tupoksinya terkait pilkada. Maka itu, kami menilai jabatan ini harus segera diisi. Makanya kami tengah memohonkan dilakukan rotasi jabatan ke kemendagri,” jelasnya.

Diketahui, setelah lelang digelar, timsel akan melakukan seleksi administarsi pada 6 Agustus, dimana hasil seleksi administrasi diumumkan pada 7 Agustus.

Tes kompetensi sendiri akan dilaksanakan pada 10 – 11 Agustus. Hingga akhirnya, penentuan dan penetapan tiga besar akan dilakukan pada 10 September 2020. (Ronald/Red)