Antrean para pencari mendaftar kartu kuning di Disnakertrans Kota Serang, belum lama ini (Foto Dokumentasi)

SERANG, SSC – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang mencatat sejak Januari hingga Juli 2020 sebanyak 6.487 orang pengangguran di Kota Serang berasal dari lulusan SMA.

Ketua Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja (Penta) pada Disnakerstrans Kota Serang Cucum menjabarkan bila dilihat dari data pencari kerja lulusan SLTA/Sederajat dari Januari hingga Juli sebanyak 6.487 orang. Dilanjutkan lulusan SMP/Sederajat sebanyak 253 orang. Diploma 3 sebanyak 54 orang, S1 sebanyak 384 orang dan pasca sarjana sebanyak 2 orang.

Sedangkan untuk data pencari kerja lulusan SLTA/Sederajat sejak Januari hingga Desember 2019 untuk sebanyak 10440 orang. SMP/Sederajat sebanyak 606 orang, Diploma 3 sebanyak 3 orang, S1 sebanyak 1.279 orang dan pasca sarjana sebanyak 16 orang.

Baca juga  Dinas Sosial Kota Serang Kebingungan Tangani Orang Gila

“Kemungkinan terjadi penambahan pengangguran di Kota Serang di 2020 ini. Ini terlihat dari 6.497 pengangguran telah membuat kartu kuning di Juli ini. Sedangkan tahun lalu saja sejak Januari hingga Desember yang membuat kartu kuning hanya 10.440 orang,” kata Cucum saat ditemui Selatsunda.com di Disnaker Kota Serang, Rabu (22/7/2020).

Cucum menambahkan, mayoritas dari jumlah pencari kerja didominasi oleh pencari kerja perempuan sebanyak 3.352 orang. Sementara untuk pencari kerja laki-laki sebanyak  3135 orang.

Sampai saat ini, sambung Cucum, Disnakertrans Kota Serang belum memiliki data resmi total pekerja yang dipekerjakan kembali ataupun pekerja yang belum bekerja di perusahaan.

“Sebenarnya kami belum ada data resmi perusahan mana saja yang telah kembali mempekerjakan karyawanya bekerja. Ini karena, perusahan tidak melakukan pelaporan secara langsung ke Disnaker. Kondisi ini sudah terjadi sejak 2003 lalu,” jelas Cucum.

Baca juga  Ditanya Rekom KASN Soal Sekda, Walikota Serang Malah Curhat Sering Ditelepon Orang

Sementara Kepala Disnakertrans Kota Serang
Akhmad Benbela memaparkan, berbagai program telah dilakukan oleh Pemkot Serang dalam menekan angka pengangguran. Salah satunya dengan memberikan pelatihan kerja kepada para masyarakat.

“Berbagai upaya telah kita (Pemkot Serang,red) lakukan dalam menekan pengangguran di Kota Serang. Kalau menunggu perusahan akam lama,” terangnya. (SSC-03/Red)