Walikota Cilegon, Edi Ariadi menerima penghargaan katagori Status Kinerja Sangat Baik dalam katagori Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) pada 2018 dari Kemendagri, Belum lama ini. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon diganjar penghargaan bergengsi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam katagori Status Kinerja Sangat Baik dalam katagori Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) pada 2018. Penghargaan ini ditandatangani langsung oleh Direktur Jendral Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik.

Kabag Pemerintahan Pemkot Cilegon Lina Komalasari mengaku, pemkot cukup bangga dapat mempertahankan beberapa kali penghargaan Status Kinerja Sangat Baik dari seluruh pemerintahan se-Indonesia. Untuk LPPD 2018, Pemkot meraih skor penilaian 3,3453.

“Penghargaan penilaian sangat terbaik ini untuk penilaian 2018 silam. Sedangkan untuk 2019 akan bisa dilihat nanti di akhir 2020 ini. Kebetulan, penghargaan ini sudah kesekian kalinya bisa kami pertahankan,” kata Lina saat ditemui di Pemkot Cilegon, Senin (3/11/2020).

Baca juga  Pencurian Modus Pecah Kaca Berkeliaran di Cilegon

Sejumlah indikator wajib dipenuhi dalam Evaluasi Penyelenggaran Pemerintah Daerah terhadap LPPD Kota Cilegon oleh Tim Nasional EPPD Kemendagri. Yaitu, pertama, Indeks Komulatif Kinerja (IKK) 3.1 capaian kinerja aspek pengambil kebijakan sebanyak 43 indikator sudah terklarifikasi tanpa perbaikan.

Kedua, IKK 3.2 Pelaksana Kebijakan 8 aspek administrasi umum pada 82 OPD sebanyak 1.722 indikator terklarifikasi tanpa perbaikan.

Ketiga, IKK 3.3 aspek tingkat capaian kinerja urusan wajib dan pilihan 167 indikator terklarifikasi dengan perbaikan pada 7 IKK dan sudah dicukupi perbaikannya.

“Mudah-mudahan prestasi LPPD yang dianugerahkan kepada Pemerintah Kabupaten Malang ini mampu meningkatkan kinerja seluruh OPD di Kota Cilegon. Jangan berpuas diri. Tahun ke depan, Kabupaten Malang bisa lebih baik lagi untuk menembus lima besar. Jadikan motivasi untuk bangkit dan selalu semangat. Tanpa peran seluruh OPD, sinergitasnya susah. Kesinambungan OPD ini berjalan. Keberhasilan merupakan bukti silahturahmi kinerja dari seluruh OPD,” pungkas Lina. (Ully/Red)