Warga Lingkungan Medaksa Sebrang, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, digegerkan dengan penemuan dua tengkorak dan tulang belulang, belum lama ini. Foto Ist

CILEGON, SSC – Warga Medaksa Sebrang di RT 05 RW 05, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon digegerkan dengan penemuan dua tengkorak manusia. Tengkorak yang ditemukan dengan tulang belulang ini diduga dari manusia zaman dahulu atau diperkirakan berusia ratusan tahun.

Lurah Taman Sari, Edi Sugara mengatakan, Penemuan dua tengkorak ini ditemukan oleh Ketua RT 05 Ining Wijaya, belum lama ini. Saat itu, Ketua RT dan warga tengah melakukan kerja bakti menggali sumur untuk Masjid Darul Salim. Saat penggalian, warga menemukan dua tengkorak dari dalam tanah di lokasi. Penemuan itu pun kemudian membuat warga setempat, geger.

“Memang benar telah ditemukan dua tenggkorak. Penemuan dua tenggkorak ini ditemukan oleh Ketua RT 05, Ining Wijaya pada dua minggu lalu. Di mana, pada saat itu sedang ada kegiatan gotong royong pembuatan sumur di Masjid Darul Salam. Suasana sempat heboh karena menemukan tenggkorak manusia zaman dulu,” kata Edi saat di konfirmasi,” Kamis (13/9/2019).

Tengkorak dan tulang belulang yang ditemukan ini, dijelaskannya dalam kondisi sudah hancur dan tidak lengkap. Selain itu, ketika ditemukan tulang belulang dan susunannya sudah tidak beraturan. Ia menduga, tengkorak manusia yang ditemukan itu seperti manusia zaman dahulu. Begitupun dengan lokasi penemuan, kata Lurah, informasi yang diperoleh dari warga bahwa lokasi tersebut merupakan makam warga zaman dahulu.

“Rahangnya itu lebih besar dari orang-orang sekarang ini. Mungkin ini kerangka orang zaman dulu, rahang dan giginya ada beberapa yang masih beberapa yang utuh. Tapi kalau tulang lain sudah banyak yang hancur,” pungkasnya.

Pasca penemuan, kata Edi, warga setempat kemudian berinisiatif untuk mengubur kembali dua tengkorak itu di lokasi lain.

“Sekarang dua tenggkorak yang ditemukan oleh warga sudah dikuburkan lagi sama mereka,” tambahnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here