Guard Rail Krakatau Steel (Foto Dok Humas KS)

JAKARTA, SSC – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam memenuhi kebutuhan baja di pasar domestik dan juga ekspor terus  memperkuat program hilirisasinya. Salah satunya dengan meluncurkan produk hilir terbaru yakni produk baja Guard Rail. Setelah sebelumnya meluncurkan produk hilir baja ringan CNP.

“Guard Rail ini diproduksi dengan bahan baku Hot Rolled Coil (HRC) dari Krakatau Steel untuk kemudian diproses akhir pembentukan sesuai spesifikasi,” ujar Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/11/2021).

Guard Rail atau pagar pengaman ini terbuat dari baja yang digalvanis yang merupakan baja jenis W Beam. Di mana produk baja tersebut adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi sebagai pencegah pertama bagi kendaraan bermotor yang tidak dapat dikendalikan agar tidak keluar dari jalur lalu lintas.

Baca juga  Lintasan Rel Area Pelabuhan Merak Diperbaiki, Polisi Lakukan Rekayasa Lalin Kendaraan Malam Hari

Kata Silmy, produk baja ini merupakan lempengan baja profil yang dipasang melintang terhadap tiang peyangga dan dipasang sejajar dengan sumbu jalan.

“Kami menargetkan penjualan baja hilir Guard Rail ini dapat memenuhi kebutuhan proyek pemerintah, proyek swasta nasional, maupun untuk kebutuhan pasar ekspor,” terangnya.

Meski beratnya terbilang ringan, produk baja hilir Guard Rail mempunyai kelebihan. Di sisi keamanan, produk tersebut berkekuatan  tinggi. Pemasangannya juga mudah dan cepat sehingga dapat menghemat biaya pemasangan. Kemudian, daya tahan produk juga panjang serta desain yang dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan.

“Produk baja Guard Rail ini diproduksi dengan memperhatikan keakuratan tebal dan spesifikasi, sehingga menjadi salah satu produk premium dan unggulan di antara produk baja sejenis lainnya. Terlebih Guard Rail membutuhkan level safety yang cukup tinggi,” urainya.

Baca juga  Waspada, Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Diprediksi Landa Banten Malam Ini

Produk baja Guard Rail adalah salah satu dari sebelas produk hilirisasi yang produksinya sedang digenjot KS. Produk baja hilir Guard Rail ditargetkan akan diproduksi sebesar 12.000 ton per tahun. Mengingat kegiatan pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini sedang gencar dilakukan, baja Guard Rail ini memiliki potensi pasar yang baik.

“Selain program hilirisasi baja, kami juga akan menguatkan program digitalisasi kami untuk menguatkan peningkatan penjualan. Besok kami akan meluncurkan aplikasi marketplace produk baja pertama di Indonesia. Ini akan menjadi gebrakan baru bagi Krakatau Steel menjelang penghujung tahun 2021 ini,” tutup Silmy. (Ronald/Red)