Suasana Dermaga 2, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon yang dipadari pemudik, Minggu (2/6/2019) dini hari. Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Prediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak meleset. Puncak arus mudik kendaraan roda empat yang diprediksi terjadi pada hari kelima sebelum (H-5) Lebaran justru volume kendaraan di hari keenam sebelum (H-6) Lebaran meningkat signifikan. Sementara puncak arus mudik untuk pemudik motor terjadi di H-5 Lebaran.

General Manager PT ASDP Cabang Merak, Solikin mengatakan, jumlah pemudik kendaraan roda empat di H-6 tercatat sangat signifikan. Pada hari itu, pemudik kendaraan tercatat sebanyak 17.126 unit. Jumlah ini tergolong tinggi bila dibanding jumlah kendaraan di hari lain.

Ia mengungkapkan, prediksi puncak mudik meleset bukan tanpa sebab. Puncak itu terjadi di H-6 atau atau pada Kamis (30/5/2019), banyak pemudik yang memilih pulang lebih awal karena telah libur kerja.

“Untuk perkiraan arus puncak mudik H-5, ternyata pada H-6 kemarin itu terjadi kenaikan yang signigikan. Nah itu bagian dari yang selama ini kita terlewatkan. Namun demikian itulah yang menjadi masukan kita di tahun berikutnya. Ternyata, semakin panjang waktu libur, banyak pemudik yang memanfaatkan (mudik) lebih awal,” ungkap Solikin di Pelabuhan Merak, Minggu (2/6/2019).

Sementara untuk puncak mudik pemudik motor, kata dia berbeda dengan puncak mudik roda empat. Puncak pemudik motor terjadi pada H-5. Dengan jumlah pemotor pada H-5 atau pada Jumat (31/5/2019) mencapai 14.973 unit.

“Roda dua itu puncaknya di H-5, sementara untuk kendaraan itu di H-6,” paparnya.

Sejauh ini, papar dia, persentase pemudik dari H-7 hingga H-5 telah diseberangkan antara 55 sampai 66 persen. Sementara sisanya, kata dia, pemudik diprediksi akan menyeberang pada Minggu hingga Senin Besok (3/6/2019).

“Rata-rata sudah (menyeberang) 55 sampai 66 persen. Kalau sampai nanti pagi jam 08.00 WIB. Tidak terlalu berubah signifikan, trafficnya masih landai. Berarti masih 40 persen tersisa. Artinya minggu malam menjadi puncak,” paparnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?