Puluhan rumah warga Suku Baduy Luar terletak di Kampung Kadu Gede, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak dilalap si jago merah, Kamis (12/09/2019). Foto Istimewa

LEBAK, SSC – Perkampungan Suku Baduy Luar terletak di Kampung Kadu Gede, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak dilalap sijago merah, Kamis (12/09/2019). Kejadian terjadi sekitar pukul 15.00 wib.

“Itu rumah mertua saya, rumah saya juga. Saya belum punya rumah, masih ikut mertua,” ujar soerang warga Suku Baduy Luar, Tiwin di konfirmasi tentang kejadian itu.

Tiwin yang merupakan pemuda Suku Baduy Luar ini mendapat kabar rumah mertuanya terbakar dari orangtuanya, Mulyono. Pria yang beraktivitas mengajar anak Baduy menulis dan membaca ini belum bisa memastikan jumlah dan penyebab rumah terbakar. Beredar kabar, kata dia, puluhan rumah warga hangus terbakar.

“Belum tahu pasti jumlahnya yang kebakar, masih simpang siur ini juga,” terang dia.

Camat Leuwidamar, Rosyid dikonfirmasi mengatakan, kebakaran itu diperkirakan menghanguskan sekitar 40 rumah warga. Kebanyakan warga saat itu sedang berladang dan hanya ada sekitar 5 orang yang memadamkan api.

“Itu nggak bisa dipadamin, masyarakat sedang ke kebun. Hanya ada lima orang yang madamin. Itu kan digunung,” tuturnya.

Ia belum mengetahui persis penyebab kejadian namun diduga sumber kebakaran dipicu dari tungku di rumah salah satu warga.

“Katanya dari tungku, itu baru katanya,” jelasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here