Dinas Pertanian Kota Serang memberikan bantuan pangan beras saat di aula Pondok Pesantren Al-Mubarok, Senin (2/11/2020). Foto Fathul Rizkoh/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Sebanyak 192 Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Serang menerima bantuan yang dikucurkan oleh Pemkot Serang berupa 120 kilogram beras.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pemkot Serang, Edi Nata Sukarya mengatakan, bantuan diberikan untuk memenuhi kebutuhan para Kyai yang tersebar di beberapa Ponpes di Kota Serang yang terdampak pademi covid-19 (Virus Corona).

“Dari data yang kami (Distan Kota Serang) terima total ponpes di Kota Serang ada 233 ponpes. Namun, yang mengajukan bantuan dari pemerintah hanya 192 pondok pesantren. Semua dipastikan akan mendapatkan bantuan ini, namun belum seluruhnya terdata oleh Asda II. Kami (Distan) hanya menyediakan berasnya saja,” kata Edi kepada awak media ditemui di Pondok Pesantren Al-Mubarok, Senin (2/11/2020).

Baca juga  Kecamatan Citangkil Juara Umum MTQ Kota Cilegon

Lanjut Edi, Pemkot Serang tidak kali ini saja memberikan bantuan. Rencananya, bantuan serupa akan diberikan tiap tahun kepada ponpes bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Rencana 2021 mendatang akan ada lagi. Tapi belum pasti. Kalau tahun ini bentuknya pangan, mungkin tahun berikutnya bantuan bibit lele,” lanjut Edi.

Senada dengan Edi, Ketua Presidium Forum Silaturahmi Pesantren Kota Serang, Hasanudin memastikan semua Ponpes di Kota Serang akan menerima bantuan pangan dari Pemkot Serang.

Menurutnya, bantuan untuk para Kyai tersebut diberikan karena pesantren telah memulai aktivitas belajar mengajar.

“Pesantren sudah banyak yang masuk, kegiatan sudah banyak yang mulai. Ya terima kasih ada bantuan pangan kepada kami,” terang Hasanudin. (SSC-03/Red)