banjir di kecamatan cipocok jaya
Jalan di salah satu wilayah Kota Serang tergenang banjir. (Foto Dokumentasi)

SERANG, SSC – Kecamatan Cipocok menjadi salah satu titik yang berpotensi banjir saat musim hujan. Mengantisipasi hal itu, pemerintah di Kecamatan Cipocok Jaya meminta masyarakat agar bisa bergotong royong membersihkan lingkungan setempat.

“Harus membersihkan selokan, gorong-gorong atau drainase, jangan buang sampah sembarangan, ya ini mengantisipasi adanya genangan atau luapan air saat musim hujan,” ujar Kepala Seksi Pemberdayaan (PM) Kecamatan Cipocok Jaya, Enjen kepada Selatsunda.com di Kantornya, Selasa (29/9/2020).

BMKG Kota Serang sebelumnya memprediksi musim hujan akan terjadi di wilayah Banten pada bulan Oktober mendatang. Begitu pun BPBD Kota Serang menyebut Kecamatan Cipocok Jaya menjadi salah satu titik banjir saat turun hujan.

Baca juga  Long Weekend, Kodim Cilegon Perketat Protokol Covid-19 di Wisata Anyer

Menurut Enjen, banjir di Kecamatan Cipocok Jaya biasa terjadi di sejumlah titik seperti di perumahan belakang Untirta, Jalan Raya Serang Petir dan pemukiman di Penancangan.

Adapun banjir yang dimaksud pihaknya bukan seperti banjir besar. Ia menyebut, banjir di Kecamatan Cipocok hanya sebatas genangan atau luapan air dari selokan akibat saluran air tidak lancar.

Sejauh ini, kata dia, masyarakat di setiap kelurahan baik dari tingkat RT hingga RW sudah melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan.

Meskipun begitu, imbauan untuk membuang sampah pada tempatnya tetap gencar disampaikan. Karena kesadaran masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya masih rendah.

“Kadang masyarakat itu langsung lempar-lempar saja, padahal sudah di depan TPS,” tandasnya. (SSC-03/Red)