Foto Dok Istimewa

CILEGON, SSC – Lapas Kelas IIA Cilegon memggelar razia di kamar-kamar yang di tempati oleh para narapidana. Hasilnya, puluhan barang terlarang seperti handphone, korek gas, senjata tajam berhasil disita petugas.

Razia langsung dilakukan oleh Kepala Lapas (Kalapas) Cilegon, Masjuno pada, Kamis (20/8/2020) malam kemarin.

Razia yang dilakukan sekitar 2 jam lebih itu juga berlangsung aman tanpa terjadi gesekan dari para narapidana.

Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon Masjuno tak
mengetahui persis dari mana barang-barang tersebut bisa masuk ke dalam lapas, termasuk kemungkinan peran petugas lapas yang meloloskan barang-barang tersebut.

“Masih menelusuri bagaimana barang-barang tersebut bisa masuk ke dalam lapas, kalau ada bukti petugas yang bermain tentu ada tindakan lebih lanjut,” kata Masjuno saat dihubungi Selatsunda.com melalui telepone genggamnya,” Jumat (21/8/2020).

Baca juga  Pasien Corona Meningkat, Pemkab Serang Distribusian Ribuan APD ke 29 Kecamatan dan 31 Puskesmas

Masih kata Musjono, tak hanya fokus terhadap keberadaan senjata tajam dan handpone, pihaknya juga fokus terhadap peredaran bisnis narkoba yang dilakukan oleh para napi.

“Ini bentuk kongket kami (Lapas Cilegon) dalam memutus peredaran narkoba di dalam ruangan,” ujar Masjuno.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh petugas Lapas meningkatkan kewaspadaannya, dan teliti dalam memeriksa barang pengunjung saat kegiatan layanan kunjungan.

“Saya harapkan petugas lapas bisa lebih teliti lagi dalam memeriksa barang bawaan pengunjung saat bertemu dengan para napi,” pungkasnya. (Ully/Red)