Petahana, Ratu Ati Marliati. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Tim Pemeriksa Kesehatan Bakal Calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Cilegon menetapkan Bacalon Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati dinyatakan terinfeksi positif Virus Corona. Hal ini disampaikan setelah tim pemeriksa mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan swab test terhadap 8 bacalon yang digelar Kemarin, Senin (7/9/2020).

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, hasil swab test Bacalon Ratu Ati Marliati dinyatakan positif Covid-19 setelah mengetahui hasil tes ulang di Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM). Dimana sebelumnya, bapaslon Ati bersama dengan 7 bacalon lainnya menjalani tes sama di RSUD Kota Cilegon.

Bacaslon Ati, kata Irfan, dinyatakan positif dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG), tadi siang.

“Itu hasil tes yang dilakukan di RSKM dan itu diberi kererangannya oleh tim pemeriksa kesehatan. Beliau terdeteksi tanpa gejala,” ujar Irfan dikonfirmasi usai konferensi pers di KPU Kota Cilegon, Selasa (8/9/2020).

Saat pendaftaran, kata Irfan, bacalon Ati dinyatakan negatif Covid-19. Namun bacalon saat pelaksanaan tes kesehatan di RSUD Cilegon, IDI merekomendasikan untuk di swab test ulang.

Swab test ulang dilakukan, kata Irfan, mengikuti mekanisme dan prosedur yang ada dalam regulasi pemeriksaan kesehatan di tahapan Pilkada,.

“Saat pendaftaran itu negatif, tapi saat pemeriksaan kesehatan, IDI merekomendasikan tes swab ulang. Itu menjadi protab tim kesehatan,” bebernya.

Bacalon Ati setelah dinyatakan positif wjaib mengikuti prosedur yakni isolasi mandiri selama 14 hari. Ati akan menjalani pemeriksaan kesehatan selanjutnya bila telah dinyatakan negatif virus Corona.

“Isolasi mandiri sampai kemudian tim pemeriksaan menyatakan cukup, bisa melakukan pemeriksaan,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Cilegon, Sutisna Abbas berusaha dihubungi belum dapat terkonfirmasi. Nomor yang dituju dalam keadaan tidak aktif.
(Ronald/Red)