Polres Cilegon dan Kodim Cilegon melakukan monitoring dalam rangka meningkatkan pendisiplinan masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19. Satu diantaranya dilakukan terhadap pengunjung pantai Anyer, Kabupaten Serang, Kamis (20/8/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Guna menimgkatkan pendisiplinan masyarakat terhadap aturan  protokol kesehatan covid-19, Polres Cilegon bersama Kodim 0623 Cilegon melakukan monitoring ke beberapa pusat keramaian di Kota Cilegon, Kamis (20/8/2020) pagi tadi.

Monitoring dipimpin langsung oleh Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono dan Dandim 0623 Cilegon Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon. Monitoring dilakukan di pasar tradisional, mal, pelabuhan dan pantai yang ada di Cilegon dan Kabupaten Serang.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, monitoring yang dilakukan TNI-Polri ini sebagai upaya ke masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam rangka adaptasi tatanan normal baru di masa pandemi Covid-19.

“Jadi tadi itu kami bagi beberapa lokasi. Kalau saya (Kapolres Cilegon) ke Pelabuhan Merak dan Pantai Anyer. Memang tadi banyak ditemukan masyarakat tidak menggunakan masker. Namun, kami masih persuasif saja kepada mereka (yang melanggar),” kata Kapolres.

Baca juga  Pasien Corona Meningkat, Pemkab Serang Distribusian Ribuan APD ke 29 Kecamatan dan 31 Puskesmas

Menurut Sigit, kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi Inpes Nomor 6 tahun 2020. Pihaknya berharap perda yang saat ini tengah digodok Pemkot Cilegon dapat segera diterbitkan agar regulasi pendisiplinan protokol kesehatan bisa diterapkan di masyarakat.

“Karena turunan dari Inpres Nomor 6 tahun 2020 ini belum keluar dari Pemkot Cilegon, maka kami hanya menegur secara persuasif saja masyarakat yang tidak menggunakan masker. Harapan kami, agar pemerintah daerah segera menurunkan perwal sehingga ada hukuman bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol Covid-19. Kami sih berharap perwalnya keluar cepat, sehingga petugas kami yang berada di garda terdepan bisa enak menegur mereka yang melanggar,” ujar Sigit.

Senada dengan Kapolres, Komandan Kodim (Dandim) 0623 Cilegon Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon tak menampik masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Baca juga  Meresahkan, ODGJ Berkeliarkan di Kota Serang

“Pas tadi saya sidak dengan Kapolres Cilegon memang masih banyak masyarakat tidak menggunakan dan membawa masker. Termasuk pemilik-pemilik warung dan tempat wisata,” jelas Wahyu.

Disinggung sanksi tegas bagi masyarakat langgar protokol kesehatan, kata Ageng, sejauh ini TNI-Polri masih bersifat persuasif.

“Masih persuasif. Karena sampai sekarang perwal pun masih dikaji oleh Pemkot Cilegon,” tungkasnya. (Ully/Red)