JAKARTA, SSC – Bagaimana membuat hasil foto yang bagus meski dari kemera biasa. Banyak artikel fotografer ditantang untuk membuat foto dari kemera murah hingga tempat yang jelek. Mereka diharuskan membuat sebuah foto yang seperti dari kamera profesional. Adakah tips triknya?

Untuk mendapatkan foto yang menarik tanpa kamera dan alat yang canggih, dibutuhkan kemampuan melihat dan mengolah foto yang baik.

Pertama adalah kemampuan melihat cahaya, diantaranya sifat cahaya dan arah cahaya. Kadang subjek yang biasa saja, tapi dengan cahaya yang dramatis dapat membuat hasil foto yang memukau.

Pemilihan subjek yang dipotret juga menentukan apakah foto yang dipotret menarik atau tidak. Contohnya jika kita memotret sampah, sebagus-bagusnya cahaya atau komposisi kita, tapi sampah tetap saja sampah. Istilah kerennya Garbage In, garbage out.

Komposisi dan ide dalam foto juga sangat menentukan. Komposisi berarti peletakan subjek, elemen-elemen lain, background supaya kesannya teratur/teroganisir.

Jika komposisi tidak diperhatikan, maka foto akan terkesan asal jepret/snapshot. Komposisi yang bagus juga merupakan modal untuk sebuah foto untuk bercerita.

Contohnya foto dibawah ini subjeknya biasa saja, tapi karena momen dan komposisinya pas, maka foto ini jadi menceritakan pekerjaan dan lingkungan pekerjaan subjek foto.

Contohnya saat saya berkunjung ke sebuah kelenteng di Singkawang, saya melihat ada cahaya yang menyinari langsung ornamen naga, sedangkan latar belakangnya tidak terkena sinar. Hasil fotonya jadi menarik karena ada kontras antara subjek dan latar belakangnya.

Editing foto juga sangat penting untuk menyempurnakan hasil foto dari alat foto sekedarnya. Ketajaman, kontras dan distorsi/penyimpangan lensa dapat kita betulkan dan membuat kesan foto dibuat dengan alat foto yang lebih bagus.

Contohnya foto sesaat matahari terbenam ini sebenarnya warnanya agak kusam, tapi dengan editing yang hati-hati dapat mengeluarkan warna dan detail yang lebih baik.

Semua hal diatas bisa dilatih dan tidak membutuhkan peralatan yang terlalu canggih/mahal. Semoga membantu. (Detik.com/red)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here