Asda III Kota Cilegon Dana Sulaksana menempel stiker stop narkoba di salah satu kendaraan pada kegiatan n Hari Anti Narkotika (HANI) tingkat Kita Cilegon yang digelar di Rumah Dinas Walikota Cilegon, Kamis (26/7/2018). Foto Elfrida Ully Artha/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Cilegon, AKBP Asep Muksin Jaelani menyatakan Kota Cilegon saat ini darurat narkoba. Sebab, Kota Cilegon merupakan pintu masuk perlintasan antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa melalui Penyebrangan Merak – Bakauheni.

“Tidak bisa dipungkiri Cilegon merupakan kota yang sangat sangat rentan peredaraan narkoba. Cilegon merupakan daerah keluar masuk perlintasan. Otomatis peredaran narkoba di Kota Cilegon sangat cepat beredarnya,” kata Asep kepada sejumlah wartawan usai kegiatan Hari Anti Narkotika (HANI) tingkat Kita Cilegon yang digelar di Rumah Dinas Walikota Cilegon, Kamis (26/7/2018).

Kondisi itu, kata Asep, dapat dilihat pada data BNN Cilegon semester I tahun 2018. Pengguna narkotika yang direhabilitasi sudah mencapai 19 orang. Sementara 2017 lalu mencapai 43 orang.

“Bila dilihat perbandingan dari tahun ini ke tahun lalu, kemungkinan ada peningkatan pengguna narkoba di Kota Cilegon,” paparnya.

Disinggung mengenai golongan pengguna yang saat ini menggunakan narkotika, Asep mengaku, didominasi kalangan pelajar maupun mahasiswa serta kalangan pekerja swasta. Untuk menekan tingginya pengguna narkoba, lanjut Asep, BNN akan bekerjasama seluruh pihak di Cilegon.

“Yang mendominasi tetap dari kalangan pelajar. Sementara untuk pekerja juga masih di temukan,” ujarnya.

Sementara itu, Asda III DPRD Kota Cilegon, Dana Sulaksana mengaku tidak akan main-main dengan penyalahgunaan narkoba di Kota Cilegon. Kepada BNN, pinta Dana, diminta menindak tegas termasuk terhadap ASN yang ditemukan menggunakan barang terlarang itu.

“Kita (Pemkot,red) gak akan main-main dalam hal ini. Bila ditemukan, langsung kita minta BNN untuk tidak lanjuti. Sedangkan untuk ASN yang menggunakan narkoba, tidak ada bantuan hukum yang diberikan untuk membantu mereka,” tungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here