CILEGON, SSC – Hadir dalam kegiatan pembukaan Jakarta Fair 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ), yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, menyambut baik produk-produk UMKM Kota Cilegon bisa tampil dalam pameran terlama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara tersebut, Rabu (14/6/2023).

Saat ditemui, Wali Kota Helldy menyatakan bahwa ini adalah kali pertama dirinya mendapatkan undangan untuk acara tersebut. “Saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kota Jakarta yang ke-496. Saya sangat senang dan bangga karena ini adalah pertama kalinya kita melihat Cilegon tampil dalam Pekan Raya Jakarta,” ujar Helldy sambil mengenang masa lalunya yang pernah menjaga pameran dan menjadi sales Toyota di tahun 93 dan 94, di PRJ.

Helldy menambahkan, bahwa dalam acara tersebut, Kota Cilegon menampilkan produk-produk olahan makanan dari UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). “Kita akan melihat produk-produk unggulan UMKM dari Kota Cilegon, mulai dari rabeg, gipang, getas, hingga keripik pisang. Semua produk ini adalah produk asli dari Cilegon dan hasil dari pembinaan kita. Namun, yang perlu diperhatikan adalah promosi,” tambah Helldy.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Helldy juga berharap, agar Kepala Dinas bekerja sama dengan UMKM lainnya untuk membuat penampilan Cilegon lebih menarik. “Anggaran yang digunakan tidak berasal dari APBD Cilegon, tetapi mendapatkan bantuan dari Provinsi Banten. Harapannya, ini dapat dikenal secara nasional maupun internasional. Terlebih lagi, kemarin ini Kota Cilegon sudah memiliki Rekor MURI dari penyajian terbayak Rabeg, sungguh luar biasa,” tutur Helldy.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Didin Maulana, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan rasa bangganya produk-produk UMKM Kota Cilegon bisa tampil dalam pameran tersebut. Alhamdulillah, ini adalah pertama kalinya UMKM dapat berpartisipasi dalam Pekan Raya Jakarta. Bantuan dari Provinsi Banten sangat membantu. Semoga ke depannya, ini menjadi agenda tahunan. Kita juga perlu menyiapkan UMKM yang siap berpameran, mulai dari SDM, izin edar, hingga kualitas produk. Dan kita akan meningkatkan dan memperbanyak produk, dengan fokus utama pada sektor pangan, jelas Didin.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Dengan adanya partisipasi Kota Cilegon dalam kegiatan Pekan Raya Jakarta dan upaya meningkatkan promosi produk UMKM, diharapkan produk-produk unggulan Cilegon dapat dikenal secara luas, baik di dalam negeri maupun internasional. Semoga acara ini berjalan sukses dan menjadi langkah awal dalam memperluas pasar serta mendukung perkembangan UMKM Cilegon.” Pungkas Didin. (ADV)