CILEGON, SSC – Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang bekerja di Pemerintah Kota Cilegon sempat dibuat gaduh dengan terancamnya pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke-13 Sebelum Perayaan Hari Lebaran pada tahun ini. Hal ini terganjal lantaran dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 tahun 2019 mengharuskan pemerintah daerah (Pemda) membuat Peraturan Daerah (Perda) untuk mencairkan tunjangan tersebut.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi yang diminta komentarnya mengatakan, pemkot memastikan THR ASN di Cilegon sudah dapat cair sebelum hari ketujuh (H-7) Lebaran. Kepastian ini diperoleh setelah revisi PP yang mengatur pemberian THR dibahas dalam rapat di Kementerian PANRB bersama Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Senin (13/5/2019), hari ini.

Baca : ASN di Cilegon Terancam Tak Terima THR dan Gaji 13 Sebelum Lebaran

“Perbaikan dari Mendagri sudah ada untuk PP 35 dan 36 tahun 2019 ini. Dan sudah tidak ada masalah lagi untuk pemberian THR di Cilegon. Saya juga sudah pastikan ke Pak Maman (Kepala BPKAD,red) kalau persoalan pemberian TPP ini tidak menjadi kendala adanya aturan Perda,” kata Edi kepada Selatsunda.com di Kantor Walikota Cilegon.

Meski demikian, pemkot masih menunggu hasil revisi PP tersebut agar tunjangan itu dapat diberikan.

“Kalau revisi PP gak di revisi, Pemkot Cilegon enggak bisa memberikan THR kepad 4.500 ASN. Yang jelas, kita (Pemkot,red) menunggu hasil rapat revisi PP tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Seketaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Sari Suryati menambahkab, Pemkot Cilegon tidak dapat berbuat banyak atas diterbitkannta PP tersebut yang mengahruskan agar Pemeritah Daerah (Pemda)  membuat Perda untuk THR dan Gaji ke-13. Pemkot masih menunggu kepastian pusat.

“Nah, itu kita (Pemkot Cilegon) tidak bisa semena-mena dengan adanya PP tersebut. Ada mekanisme, SOP dan Tatif dari dewan. Intinya, kita tunggu aja hasil revisi dari 3 Menteri. Katanya sih hari ini ada pertemuan tiga menteri itu,” pungkas Mantan Asda II Cilegon. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here