Walikota Syafrudin Sebut Banjir di Serang Akibat Kiriman Kabupaten Serang

0
77

SERANG, SSC – Walikota Serang, Syafrudin menyebut banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Serang bukan disebabkan masalah yang berasal dari Kota Serang. Namun, salah satu yang menjadi penyebab banjir akibat kiriman air hujan dari Kabupaten Serang.

Seperti diketahui, sejumlah wilayah di Kota Serang dikepung banjir, Kemarin (2/2/2020).
Diantaranya banjir merendam Komplek Citra Gading Cipocok, Sekre Rapida Provinsi Banten, komplek Untirta, Kampung Sadik Pageur Agung Walantaka, Komplek Grand Sutera, Kelurahan Teritih Walantaka Perumahan Persada Banten dan wilayah lainnya.

“Sebenarnya, di kepung banjir itu bukan akibat dari Kota Serang yah, terutama Kecamatan Kasemen, kemarin ternyata tidak hujan lebat juga banjir, karena yang pertama terdorong oleh banjir yang di Bojonegara atau di Kabupaten Serang ke wilayah Tonjong, Terate Kemudian lari ke Kasemen,” ujarnya ditemui di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (3/1/2020).

Ia menyatakan, banjir seperti Kasemen dan Walantaka disebabkan hal yang sama. Banjir seperti di Walantaka terdampak akibat jebolnya tanggul di Kragilan.

“Dan yang Walantaka itu juga sama, akibat dampak banjir yang di Kragilan yang jebol tanggulnya, kemudian lari ke kita,” paparnya.

Selain banjir kiriman, kata Syafrudin, kondisi air laut saat kejadian juga tengah pasang. Sehinga arus air hujan yang mengalir kelaut tertahan air pasang kemudian menyebabkan banjir meluap ke rumah warga.

Meski demikian, ia mengakui banjir seperti yang pernah terjadi di Kasemen sebelumnya karena sedimentasi dan adanya bangunan diatas saluran air yang disalah fungsikan. Namun saat ini, hal itu sudah ditangani.

“Penyempitan sedimentasi kaya di Kasemen sekarang sudah di bongkar, penyempitan terutama bangunan bangunan liar yang ada di pinggir-pinggir kali sudah dibongkar dan ternyata memang hasilnya banjir sekarang sedikit teratasi,” ucapnya.

Sejauh ini, penanganan banjir sudah dilakukan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov Banten meminta untuk dibantu menangani banjir di Kota Serang.

“Akan kordinasi ke Provinsi, kayak di Banten Lama juga Provinsi kewenanganya, kami sudah berkordinasi dengan Provinsi dan Provinsi sudah membantu,” pungkasnya. (MG-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here