Warga Terdampak Covid-19 di Cilegon Bakal Terima Bantuan Sosial Rp 500 Ribu

68

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota Cilegon telah membuat skema untuk pemberian bantuan sosial bagi warga Kota Cilegon yang terdampak Covid-19. Kepada warga yang terdampak langsung diproyeksikan akan mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu untuk dua bulan sejak mulai diberlakukan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade mengatakan, bantuan sosial bentuk Jaring Pengaman Sosial atau Social Safety Net dianggarkan sebesar Rp 9 miliar. Anggaran tersebut akan dibagikan dalam dua kategori penerima baik kepada keluarga sasaran (warga miskin) sebagai penerima Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (JSCM) serta warga yang terdampak langsung Covid-19.

Skema besaran nilai bantuan bentuk uang tunai untuk penerima bantuan sosial JSCM, kata Aziz, senilai Rp 1 juta sedangkan warga yang terdampak Covid-19 diberikan Rp 500 ribu.

Dari data sementara Dinas Sosial, sedikitnya
jumlah penerima JSCM sebanyak 18 Ribu Kepala Keluarga. Sementara hingga saat ini jumlah warga yang terdampak Covid-19 tengah divalidasi oleh Pemkot.

“Itu (bantuan Rp 1 juta untuk penerima JSCM) akan diberikan dua kali dalam tahun ini. (Pembagian berkala) tergantung nanti kebijakannya. Yang terpenting dianggarkan dua kali, masing-masing (perbulan) Rp 500 ribu. Untuk yang terdampak, seperti karyawan yang dirumahkan, tukang ojek, dan lain sebagainya, jumlah detailnya masih belum. Nanti hari Senin (20/4/2020) dikonsulasikan dahulu. Tapi kurang lebih untuk yang terkena dampak, yang dirumahkan selama 2 bulan diberikan uang kurang lebih Rp 500 ribu,” ujarnya,  Jumat (17/4/2020).

Ia menyatakan, mekanisme pemberian bantuan tunai tersebut akan dilakukan dengan cara transfer tunai. Bantuan akan dikirim ke rekening bank masing-masing penerima.

“Dalam bentuk bantuan uang bisa saja melalui rekening dari si penerima. Semua tidak bisa lagi dengan bentuk tunai,” terangnya.

Selain bantuan tunai, bantuan lain juga akan diberikan dalam bentuk barang atau paket sembako. Skemanya nilai bantuan untuk penerima JSCM dan warga terdampak kurang lebih senilai Rp 200 ribu untuk masing-masing.

“Jadi selain bantuan tunai, akan ditambah sembako kurang lebih Rp 200 ribuan lah,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here