Ilustrasi ASN (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memastikan pada Desember 2021 akan mengadakan seleksi terbuka atau open bidding untuk mengisi 7 jabatan eselon II yang kosong. Bersamaan itu pula akan dilakukan rotasi dan mutasi besar-besaran ASN.

Diketahui sebelumnya, Walikota Cilegon Helldy Agustian telah melantik 12 pejabat eselon II. Pelantikan dengan maksud rotasi mutasi pejabat itu membuat 7 OPD mengalami kekosongan pimpinan.

Ketujuh jabatan yang kosong yaitu dua jabatan Staf Ahli Wali Kota Cilegon, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Direktur RSUD Kota Cilegon, Kepala DP3AKB, terakhir Kepala Dinas Komunikasi Informasi Sandi dan Statistik (DKISS). Tidak hanya rotasi mutasi pejabat eselon II, Walikota Helldy juga akan menggeser pejabat lurah dan camat.

Baca juga  Ini Besaran UMK 2022 Yang Ditetapkan oleh Gubernur Banten

Ketua Baparjakat Kota Cilegon sekaligus Sekda Kota Cilegon, Maman Mauludin mengatakan, saat ini pihaknya bersama Walikota Helldy tengah membahas seluruhnya tentang itu.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini (mutasi, rotasi dan lelang jabatan) dilakukan. Desember ini sudah rampung semua,” kata Maman kepada awak media ditemui di Pemkot Cilegon,” Senin (22/11/2021).

Dalam proses lelang jabatan, rotasi dan mutasi, mantan Kepala BPKAD Cilegon ini meminta kepada seluruh ASN untuk tetap tenang, sabar serta tidak terpancing hal-hal yang membuat resah.

“Saya minta ASN tetap tenang, jangan percaya dengan isu-isu tidak jelas,” ujarnya.

Ia menegaskan dalam proses itu nanti tidak ada suap menyuap jabatan.

Baca juga  Cuaca Buruk Sebabkan Bongkar Muat Kapal di Pelabuhan Merak Tak Sesuai Jadwal

“Pak Wali, Pak Wakil, saya, dan juga Kepala BKPP kan sudah menegaskan, tidak ada transaksional. Lalu jangan percaya kalau ada oknum yang mengaku-ngaku bisa memberikan jabatan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BKPP Kota Cilegon Achmad Jubaedi, enggan memberikan keterangan saat ditanya seputar lelang jabatan, mutasi dan rotasi.

“Kalau itu belum. Tadi saya hanya konsultasi ke Pak Sekda soal hal yang lain. Apalagi untuk membahas mutasi rotasi dan lelang jabatan, saya belum bertemu dengan Pak Wali mengingat jadwal beliau yang padat,” pungkasnya. (Ully/Red)