Ratusan kendaraan mengantre di Jalan Raya Cikuasa Atas, Kota Cilegon menuju Pelabuhan Merak jelang Hari Raya Idul Fitri. Foto Ist

CILEGON, SSC – Jumlah penumpang yang akan menyeberang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon diprediksi akan naik 5 persen pada pelaksanaan angkutan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Untuk mengantisipasi ini, pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten akan menyesuaikan jumlah kapal dari 7 dermaga yang ada.

Kepala BPTD Provinsi Banten, Nurhadi mengatakan, pihaknya dengan PT ASDP telah melakukan berbagai persiapan membahas angkutan nataru. Dari rapat koordinasi yang digelar pekan lalu, jumlah penumpang nataru tahun ini diprediksi akan meningkat dibanding tahun lalu. Menurutnya, puncak akan terjadi pada dua atau tiga hari sebelum Hari Natal dan Tahun Baru 2019.

“Kami berhitung keseimbangannya supply demand-nya. Melihat data tahun kemarin, jumlah kendaraan tertinggi di hari jumat dan sabtu di tanggal 21 desember dan 22 desember, kemudian untuk tahun barunya di tanggal 28 desember dan 29 desember,” ujarnya usai melaksanakan kegiatan kampanye keselamatan transportasi di SMAN 1 Kota Cilegon, Kamis (6/12/2018).

Selain prediksi kenaikan ini berhubungan dengan momentum hari raya dan tutup tahun, lanjutnya, lonjakan penumpang diperkirakan akan dipengaruhi oleh rencana pengoperasian Tol di Bakauheni, Lampung. Sekalipun infrastruktur pelabuhan baik kapasitas kapal dan dermaga yang ada dinilai mampu menampung penumpang namun antusias penumpang yang akan menggunakan tol baru itu tetap diantisipasi.

“Kalau secara time series dibanding dengan tahun kemarin, prediksinya naik 5 persen untuk semua golongan penumpang. Hanya saja kami perlu mengantisipasi dengan adanya infrastruktur tol bakauheni yang dibuka pada nataru ini. Secara teori, setiap ada infrastruktur (jalan tol) baru akan men-generate bangkitan baru. Kan besarnya kita belum tahu seberapa besar, tetapi kalau lihat data, 100 persen pun masih aman,” paparnya.

Sementara terkait penyediaan dermaga di Pelabuhan, seluruhnya terbilang siap. Rencananya bila terjadi lonjakan, kata Nurhadi, ASDP akan mengoperasikan 6 Dermaga dan Dermaga VII sebagai dermaga tambahan.

“Ini info dari teman-teman ASDP, mereka tanggal 20 Desember akan melakukan uji coba di dermaga VII. Jadi kalau terjadi lonjakan, walaupun pembangunannya belum selesai, itu bisa dioperasionalkan sementara. Tetapi tanpa penambahan itupun secara statistik, kita masih aman,” tandasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here