Dirjen Darat Kemenhub, Budi Setiyadi meninjau persiapan Nataru di Pelabuhan Merak, Jumat (20/12/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Penerapan manifes penumpang kapal di Pelabuhan Merak saat pelaksanaan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 akan dipersingkat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang baik pejalan kaki maupun kendaraan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi mengatakan, persiapan pelaksanaan angkutan Nataru di Pelabuhan Merak sudah disiapkan dengan baik. Hanya saja, pelayanan penumpang masuk ke dalam kapal harus dipercepat. Pihaknya memerintahkan agar ASDP dapat mempercepat itu terutama menyangkut pendataan manifes penumpang kendaraan.

“Tinggal kecepatan kita menyangkut masalah pelayanan tiket yang masuk kapal itu. Dan saat ini sudah diperintahkan, kalau kemudian untuk memasukan data terlampau lama, mulai hari ini juga saya minta ke ASDP, dilakukan percepatan. Jadi yang masuk itu nama (penumpang), jenis kendaraan dan plat nomor,” ujar Dirjenhubdar usai rapat di Posko Pengamanan di Terminal Eksekutif, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (20/12/2019).

Budi menyebut, percepatan pendataan manifes sudah disepakati pihaknya dengan KSOP Banten. Pendataan khusus penumpang kendaraan tidak didata secara spesifik namun hanya mencatat nama penumpang dan jenis kendaraan. Sementara data nomor telepon dan lainnya tidak direkam.

“Jadi menyangkut handphone dan sebagainya, tidak,” ujarnya.

“Manifes tidak langsung menguraikan secara spesifik, tetapi sementara hanya menggunakan jumlah orangnya, jumlah kendaraannya. Itu juga memotong kecepatan menyangkut masalah pelayanan,” sambung Budi.

Sementara, Direktur Operasi dan Teknik PT ASDP, Lamane menguraikan, penerapan manifes tetap diterapkan. Namun penerapannya tidak menunggu sampai lengkap agar tidak menghambat pelayanan.

“Sudah sesuai kesepakatan dengaan KSOP bahwa manifes tetap ada, uraiannya tetap disusuli belakangan. Jadi tidak menunggu sampai lengkap,” terangnya.

Baca :  ASDP Evaluasi Sistem E-Ticketing dan Manifes di Pelabuhan Merak Selama Angkutan Lebaran

Diketahui, manifes penumpang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2016 tentang Daftar Penumpang dan Kendaraan Angkutan Penyeberangan dan PM 28 Tahun 2016 tentang Kewajiban Penumpang Angkutan Penyeberangan Memiliki Tiket.

PT ASDP Merak sebelumnya mengevaluasi arus mudik dan arus balik Angkutan Lebaran (Angleb) 2019 di Pelabuhan Merak, Jumat (14/6/2019). Dua hal yang diseriusi diantaranya mengenai penerapan sistem tiket elektronik (e-ticketing) dan pemberlakuan sistem manifes penumpang. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here