BPTD Provinsi Banten mengkampanyekan aksi keselamatan bertransportasi di jalan kepada pelajar di SMAN 1 Kota Cilegon, Kamis (6/12/2018). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten mengkampanyekan keselamatan bertansportasi kepada pelajar di SMA Negeri 1 Kota Cilegon, Kamis (6/12/2018). Kegiatan yang dirangkum dalam Program Aksi Keselamatan Transportasi Darat Tahun 2018 ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran para pelajar tertib berlalu lintas saat berkendara.

Kepala BPTD Banten, Nurhadi mengatakan,
Program tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi kepada para pelajar terutama bagi mereka yang usianya telah diperbolehkan menggunakan kendaraan. Ia menilai edukasi ini perlu karena BPTD sebagai wakil Kementerian Perhubungan di daerah juga memiliki tugas menekan angka kecelakaan. Dari data angka kecelakaan lalu lintas secara nasional yang diketahui pihaknya, dijelaskan Nurhadi, laka didominasi pengendara roda dua dimana jumlah itu diantaranya pengendara dari kalangan pelajar.

“70 persen kecelakaan itu disebabkan oleh pengendara sepeda motor. Yang pernah saya dengar dari data Kepolisian itu, setiap hari 3 sampai 4 orang meninggal di jalan. Data yang pernah dirilis polisi, itu 197 kejadian kecelakaan sampai oktober 2018 ini melibatkan anak sekolah. Itu usia 11 sampai 17 tahun,” ungkapnya.

Pentingnya edukasi ini, lanjut Nurhadi, guna menumbuhkan kesadaran kepada pelajar dalam berkendara di jalan. Sehingga, landasan pendidikan berlalu lintas menjadi kuat dibarengi dengan implementasi saat berkendara di jalan.

“Tujuannya adalah untuk memberikan atau meletakan landasan moral yang kuat dalam pendidikan keselamatan jalan. Kemudian juga, memberikan pemahaman nilai-nilai atau norma dan etika aturan berlalu lintas. Dan juga, membangun toleransi dan tenggang rasa dalam kemajemukan berlalu lintas,” paparnya.

Sejauh ini, paparnya, respon para pelajar atas kampanye tersebut disambut positif dan mendapat antusias yang tinggi. Program yang dikerjasamakan dengan Ditlantas Polda Banten ini, harapnya, dapat bermanfaat kepada pelajar dan berkelanjutan.

“Jadi untuk ahun ini kita akan ada pelaksanaan di dua tempat. Jadi hari ini disini dan minggu depan di Kota Serang,” tutupnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here