Mapolsek Ciwandan mengamankan seekor ular sanca pasca penemuannya menggemparkan warga di Lingkungan Kalentemu Timur, Kelurahan Samang Raya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Kamis (6/12/2018). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Seekor Ular sanca yang ditemukan di salah satu rumah warga di Lingkungan Kalentemu Timur, Kelurahan Samang Raya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon menggemparkan warga. Adanya laporan tersebut, Polsek Ciwandan dan BKSDA Serang langsung ke lokasi untuk mengevakuasinya.

Kapolsek Ciwandan, Kompol Idrus Madarus mengatakan, laporan tentang keberadaan ular ini diterima pihaknya sekitar pukul 09.00 WIB. Ular dengan panjang mencapai 4 meter ini dilaporkan telah membuat resah warga setempat. Pihaknya bersama dengan BKSDA kemudian langsung memproses lebih lanjut.

“Ini ular berkelamin perempuan, makanya dari BKSDA akan mengecek, akan juga memastikan barangkali ada telurnya. Kalau ada telutnya bisa beranak dan mengganggu masyarakat. Jadi masyarakat khawatir takut terhadi hal-hal yang diinginkan,” ungkapnya di Mapolsek Ciwandan, Kamis (6/12/2018).

Usai ditangkap, kata Kapolsek, Ular tersebut langsung diamankan di Mapolsek untuk diserahkan ke BKSDA.

Sementara, Kepala Resort Wilayah III BKSDA di Serang, Anto Laban mengatakan, ular yang ditemukan ini bersisik kasar dan dimungkinkan berasal dari alam liar.

“Ular ini jenis sanca kembang. Ini panjangnya diperkirakan 3 sampai 4 meter. Ular ini, ular liar, kelihatan sisik dibawah masih kasar. Sifat ular ini juga masih liar,” terangnya.

Keberadaan ular ini diakuinya kerap muncul di pemukiman warga. Hal itu biasa terjadi bila habitat dari hewan reptil ini terganggu.

“Memang fenomena beberapa waktu ini, sering banyak muncul di warga. Habitatnya biasanya terganggu, mungkin banyak perumahan, tanah yang diurug,” paparnya.

Pasca diamankan BKSDA, ular tersebut akan dilepas liarkan di Cagar Alam Tukung Gede, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang untuk dikembalikan ke habitatnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here