Rombongan Komite Ekonomi Industri Nasional menyambangi Sanggar Kreatif Garasi Kapal di Serang, Selasa (11/12/2018). Foto Ist

SERANG, SSC – Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) meminta kepada pemerintah baik daerah maupun pusat mendukung sepenuhnya kemajuan industri kreatif di Banten seperti yang dilakukan oleh Sanggar Jati Belanda Garasi Kapal. Dukungan ini diperlukan sebagai upaya mendukung program pemerintah menekan angka pengangguran. Demikian disampaikan Ketua Rombongan KEIN, Kusnadi, saat menyambangi Sanggar Garasi Kapal, Kota Serang, Selasa (11/12/2018).

Menurut Kusnadi, Industri kerajinan seperti Garasi Kapal ini harus didukung dari berbagai kebutuhan. Terlebih menyangkut penyediaan bahan baku.

“Bukan hanya soal peralatan yang memadai, tapi juga kebutuhan bahan baku. Ini yang biasa dikeluhkan para pengusaha seperti ini. Industri kreatif ini sangat strategis dalam rangka menekan angka pengangguran, yang angkanya cukup tinggi di Banten,” kata Kusnadi bersama empat orang rekan satu komisinya didampingi Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Rudiansyah.

Kata Kusnadi, usaha yang dijalankan Garasi Kapal memiliki peluang yang besar. Produk yang dihasilkan bernilai jual tinggi karena keunikannya. Selain itu, penyerapan tenaga kerjanya juga memberdayakan masyarakat setempat.

“Saya melihat banyak produk yang unik dan menarik, yang tidak terdapat ditempat lain,” katanya.

Sementara itu, Kabid Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Rudiansyah menyatakan, siap menyokong kemajuan industri Garasi Kapal. Kerajinan limbah kayu palet ini harus didukung sepenuhnya dari berbagai aspek.

“Bukan hanya soal kebutuhan peralatan tapi juga dari sisi pemasaran, tentu harus didorong. Apalagi yang saya dengar, kebutuhan tenaga kerjanya terus meningkat,” tuturnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?