CILEGON, SSC – Aksi heroik dilakukan oleh anggota polisi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon, Bripka Leo Sitorus berhasil mengagalkan aksi 4 terduga sindikat uang palsu di Kota Cilegon.

Aksinya bermula ketika mendapat laporan masyarakat bahwa terdapat seorang wanita yang diduga menjadi korban penipuan. Korban dilaporkan telah dibawa oleh sekelompok orang dengan mobil avansa saat berada di depan Kantor Pajak Pratama (KPP) Cilegon. Dari laporan yang diterima, warga mencurigai aksi sekolompok orang itu membuat korban tampak ketakutan. Leo yang saat itu tengah bertugas melakukan pratroli di jalan protokol kemudian langsung mengejar mobil itu. Ia pun mencari keberadaan mobil yang dicirikan warga itu. Tak lama berselang tepat di depan Bank BRI Cibeber, ia langsung mencegat mobil itu tanpa ragu sedikitpun. Dengan berani, Leo menyetop dan meminta sang sopir keluar dari mobil tersebut.

“Kebetulan saya habis patroli. Saya langsung diberhentikan sama bapak-bapak untuk menolong seorang ibu-ibu yang terancam di dalam mobil Avanza. Sebenarnya saya gak tau di dalam mobil tersebut ada berapa orang. Saya beranikan dulu aja palangin mobil Avanza dengan motor patroli saya. Akhirnya, minta sopir untuk keluar dari mobil,” beber Leo kepada Selatsunda.com di konfirmasi,” Rabu (8/5/2019).

Ia menambahkan, saat dirinya meminta sopir keluar dari dalam mobil, wanita yang berada dalam mobil Avanza tersebut berujar terima kasih. Sontak ucapan korban itu membuat dirinya yakin jika didalam mobil tersebut ada sesuatu yang aneh. Ia langsung mencabut kunci mobil dan menghubungi rekan patroli lainnya.

“Sebenarnya saya takut juga sih. Karena didalam mobil itu ada 4 orang. Sedangkan saya hanya 1 orang. Tapi, saya sempat kontek-kontek anggota lain untuk membantu saya. Karena, saya sendiri harus menyelematkan diri saya. Sambil menunggu bantuan dari anggota lain, saya pun langsung aja palangin motor patroli ke mobil pelaku. Langsung saya amankan kunci mobil pelaku, dan menyuruh supir untuk keluar dari mobil. Saya juga melihat ibu-ibu yang berada didalam mobil mengucapkan terima kasih telah dibantu untuk keluar dari mobil tersebut. Alhamdullilah, terima kasih pak,” seraya menirukan suara korban,” Rabu (8/5/2019).

Kata Leo, salah satu pelaku sindikat mencoba untuk menawarkan sejumlah uang suap tetapi tidak digubris olehnya. Dengan lantang, ia menolak tawaran pelaku itu. Keberadaan para pelaku semakin mencurigakan karena melihat ada pelaku lain yang tampak membuang uang kesemak-semak di lokasi kejadian. Tak lama, para petugas patroli lainnya kemudian datang membantu mencegah aksi sekelompok orang tersebut.

“Sempat salah satu pelaku mau kasih uang sama saya, tapi saya tolak. Tiba-tiba salah satu pelaku lain, membuang barang bukti ke semak-semak yang berada di sekitar wilayah PCI (Pondok Cilegon Indah), Kecamatan Cibeber,” jelas Leo.

Baca : Polisi Bekuk 4 Terduga Pelaku Sindikat Pengedar Uang Palsu Lintas Provinsi di Cilegon

Sementara itu, Kapolres Cilegon, AKBP Rizki Agung Prakoso mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh Bripka Leo Sitorus yang telah berhasil mengagalkan 4 terduga sindikat pengedar uang palsu lintas Provinsi. Atas aksi heroiknya ini, Polres Cilegon memberikan penghargaan kepada Bripka itu.

“Atas nama Polres Cilegon, saya (Kapolres Cilegon,red) tadi pagi memberikan penghargaan kepada Bripka Leo Sitorus salah satu anggota Lantas Cilegon, yang telah berhasil mengagalkan aksi pelaku tersebut,” tandas Kapolres. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here