KMP Windu Karsa Dwitya mengalami kerusakan di bagian anjungan pasca tubrukan dengan KMP Virgo 18, Kemarin. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – KMP Windu Karsa Dwitya (WKD) dan KMP Virgo 18 terancam tak dapat melayani Angkutan Hari Lebaran 2019 mendatang. Pasalnya, saat kedua kapal bertubrukan di Perairan dekat Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, kemarin, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdar) Kementerian Perhubungan RI tengah melakukan ramp check di atas kapal dalam rangka persiapan angkutan Lebaran.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten membenarkan jika ada tim Direktorat Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) yang datang ke Pelabuhan Merak melakukan ramp check kapal persiapan angkutan Lebaran. Tim saat itu berada di atas KMP WKD.

“Memang ada, dari tim pak Endi (Kasubdit Pengawasan dan Operasional Direktorat TSDP) dari pusat. Dalam seminggu ini lah, cek persiapan angkutan Lebaran,” ungkap Nurhadi kepada awak media di Pelabuhan Merak, Selasa (23/4/2019).

Baca : Ini Kronologi Tubrukan KMP Windu Karsa vs KMP Virgo Hingga Mualim Terjatuh ke Laut

Tim Direktorat TSDP dijadwalkan melakukan ramp check dalam rangka Monitoring Kesiapan Sarana Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni. Tim dijadwalkan ramp check mulai Senin (22/4/2019) hingga Sabtu (27/4/2019).

“Jadi semua (kapal penyeberangan lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni). Semua kapal yang ada disini, sebagai dasar kita untuk menjadwalkan untuk angkutan Lebaran,” paparnya.

Mengenai kondisi kapal saat ini, kata dia, keduanya langsung engker pasca insiden. Ia belum dapat memastikan bisa atau tidakmya kedua kapal itu nanti dapat melayani Angkutan Hari Lebaran karena masih perlu berkoordinasi dengan KNKT dan KSOP Banten.

Seperti diketahui, kondisi KMP WKD dan KMP Virgo 18 mengalami kerusakan yang cukup parah. KMP WKD mengalami kerusakan pada bagian anjungan dan KMP Virgo 18 mengalami kerusakan di bagian buritan kapal.

“Nanti kita tunggu KNKT turun. Saya tergantung KSOP, kalau semua clear, kita jadwalkan,” pungkasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?