Komunitas Sepeda di Kota Cilegon bersama Satlantas Polres Cilegon melakukan kegiatan gowes sepeda mulai dari Jalan Protokol Kota Cilegon hingga Arah Ciwandan,” Sabtu (28/7/2018). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon mengkampanyekan gerakan hidup sehat dengan bersepeda kepada masyarakat Cilegon. Gerakan itu dinamai program Transportasi Sehat dan Merakyat (TSM).

Informasi yang dihimpun Selatsunda.com, gerakan TSM yang digelar oleh Satlantas ini mengandeng sejumlah komunitas sepeda di Cilegon baik Komunitas Track Gunung Pinang, Komunitas Purna karya, Komunitas Tangga Musteknik, Komunitas D”Sponge Cycle Club (DCC), Komunitas Bayangkara Cycle Club Cilegon (BCCC) dan Komunitas Humories Cycle Club (HCC). Sosialisasi gerakan itu dimulai pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB pagi dengan gowes dari Jalan Protokol di pusat kota hingga arah Ciwandan.

Kasat Lantas Polres Cilegon Akp Fikri Ardiansyah mengatakan, program TSM merupakan tindak lanjut instruksi dari Koorlantas Mabes Polri mengajak masyarakat untuk rutin berolahraga dengan bersepeda. Dengan bersepeda polusi udara dapat dikurangi.

“Selain mendukung kegiatan Asian Games dan mengajak masyarakat untuk berolahraga, TSM juga upaya menekan tingkat polusi udara,” kata Fikri kepada Selatsunda.com, Sabtu (28/7/2018).

Menurut Fikri, dengan mengandeng para komunitas sepeda ini, memudahkan Satlantas menyampaikan pesan gerakan bersepeda sehat  kepada masyarakat.

“Komunitas sepeda ini kan sudah banyak perkumpulannya. Terlebih lagi, mereka juga telah menjalankan kegiatan bersepeda juga sudah lama. Jadi sangat pas, kita gandeng semua komunitas sepeda dalam mensosialisikan program TSM ini,” ujarnya.

Fikri memaparkan, Satlantas juga berencana akan menyasar program hidup sehat itu kepada para pelajar. Upayanya, mengajak pelajar yang biasa menggunakan motor dapat beralih dengan bersepeda.

“Sekarang kan banyak anak-anak sekolah membawa motor ke sekolah tapi enggak punya surat-surat dalam berkendara. Daripada mereka ini ditilang oleh anggota polisi karena tidak memiliki surat-surat lebih baik mulai sekarang beralih menggunakan sepeda. Selain hidup sehat juga dapat menekan polusi udara,” kata Fikri. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here