Pernak-pernik Bendera Merah Putih (Foto Dok)

CILEGON, SSC – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke – 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Cilegon menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Cilegon untuk mengibarkan Bendera Merah Putih mulai tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus 2018. Surat edaran itu juga ditujukan kepada Seluruh Perangkat Daerah, Instansi Pemerintah, BUMN, BUMD, BUMS, Camat, Lurah dan  Kepala Sekolah.

Selain itu, Pemkot juga menghimbau agar tema dan logo HUT RI ke – 73 dalam menyambut Asian Games XVIII sebagaimana berdasarkan Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B.484/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2018 dapat dipergunakan pada berbagai event kegiatan baik pemasangan spanduk, umbul-umbul dan media lainnya.

Himbauan itu dituangkan dalam surat Edaran Walikota Cilegon nomor 003.1/1623/Pemt yang ditandatangani oleh Plt Walikota Cilegon,  Edi Ariadi pada hari Kamis (26/7/2018).

Lurah Kalitimbang, Eri Sobari mengaku telah mendapat surat edaran tersebut. Untuk mengimplementasikan himbauan tersebut, pihaknya akan mengundang para Ketua RT maupun RW di sekitar kelurahan untuk mengikuti rapat terkait perayaan HUT RI.

“Rencana sih hari Rabu saya akan undang pak RT dan RW untuk membahas terkait HUT Kemerdekaan. Saya juga akan meminta pihak RT dan Lurah agar dapat menyampaikan pemasangan bendera ke warganya,” kata Eri kepada selatsunda.com ketika dikonfirmasi, Sabtu (28/7/2018).

Ia mengaku, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ini, lingkungan di sekitar Kelurahaan Kalitimbang rutin melaksanakan berbagai kegiatan menyemarakan HUT RI.  Salah satunya dengan mengadakan perlombaan 17 Agustus.

“Biasanya ada lomba panjat pinang dan lomba lainnya untuk menghibur masyarakat di peringatan 17 Agustus,” ucapnya.

Berikut 5 Poin yang disampaikan dalam surat edaran itu yakni :

Pertama, Tema dan Logo untuk dapat digunakan sebagai branding rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang sinergis dengan Asian Games XVIII.

Logo HUT Ke-73 RI menyambut Asian Games 2018 (Foto dok Setneg.go.id)

Kedua,  Pedoman penggunaan identitas visual, tema dan logo dapat diunduh di website resmí Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia : www.setneg.go.id dan diminta untuk dapat dipergunakan oleh masing-masing Perangkat Daerah Instansi Pemerintah/ BUMN/BUMD/BUMS/ Industri/ Pelaku Usaha/ Organisasi dan Masyarakat Kotn Cilegon dalam berbagai event kegiatan, baik dengan pemasangan spanduk, pemasangan umbul-umbul, maupun media lainnya.

Ketiga, Mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak mulai tanggal 1 Agustus 2018 sampai dengan 31 Agustus 2018.

Keempat,  Untuk lebih menyemarakkan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, diminta kepada para Camat dan Lurah agar berkoordinasi dengan Pengurus RT dan RW
untuk menghimbau kepada masyarakat/ pemilik kantor/ pelaku usaha/pertokoan/ruko/rumah agar memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih dan melakukan gerakan kebersihan lingkungan, pengecatan pagar/gapura, maupun pemasangan umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya sebagai bentuk ekspresi semangat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kelima, Dalam penyelenggaraan acara krmasyarakatan guna menyemarakkan HUT RI,  baik di tingkat Kecamatan/ Kelurahan/ RT/RW, hendaknya memperhatikan :

a. Perayaan Peringatan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan
Republik Indonesia Tahun 2018 agar dijadikan momentum sebagai sarana
edukasi bagi masyarakat.

b. Penyelenggaraan acara tersebut hendaknya tidak hanya terpusat, tetapi
menyebar ke wilayah kecamatan sampai ke tingkat RT/RW, agar masyarakat dapat ikut menikmati dan berpartisipasi secara optimal.

c. Panitia penyelenggara harus berkoordinasi dengan unsur/aparat keamanan setempat, agar dapat berlangsung tertib, aman dan lancar.

d. Mendorong seluas mungkin partsipasi, prakarsa dan kreatifitas masyarakat,
sehingga hakikat peringatan dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk
masyarakat dapat benar-benar terwujud.
(Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here