Suasana dan kondisi salah satu Ruang Terbuka Hijau di Cilegon yang dikunjungi warga. (Foto Elfrida Ully Artha/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Pemkot Cilegon melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Cilegon segera akan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Lingkungan Kedong Damai Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Arsitektur Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Edi Hendarto mengatakan, saat ini rencana itu sedang dalam tahapan pengajuan proses penetatapan lokasi. Selain itu,  Gambar Konstruksi atau Detail Engineering Design (DED) juga tengah dibuat.

“Iyah benar, kami akan kembali membangun RTH di wilayah Kecamatan Cibeber. Saat ini dalam proses pengajuan penetapan lokasi dan proses pembuatan DED (Detail Engineering Design,” kata Edi kepada Selatsunda.com,” Kamis (12/7/2018).

Usai pembuatan DED,  kata Edi, Perkim baru akan dapat menentukan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan RTH itu. Pembangunan RTH diatas tanah bengkok dengan luasan sekitar 4 hektar itu diperkirakan akan dibangun pada tahun 2020 mendatang.

“Selesaikan dulu DED itu. Kalau udah selsai, baru bisa ditentukan berapa anggaran yang akan dikucurkan untuk membangunan RTH ini,” jelasnya.

Saat ini, dua RTH di Cilegon telah dibangun baik di Kecamatan Jombang dan Cilegon ditambah dengan ruang publik alun-alun.  Sementara  5 RTH lain baik di Kecamatan Cibeber, Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Citangkil dan Kecamatan Pulomerak ditangetkan akan mulai dibangun dan  rampung pada tahun 2021.

“Saya berharap, tidak meleset dari target yang sudah ditentukan ini,” ucapnya.

Terpisah, Camat Cibeber Noviyogi Hermawan mendukung rencana pembangunan RTH di wilayah Kecamatan Cibeber. RTH Cibeber akan menjadi RTH yang terbesar dan terluas dibandingkan dengan kecamatan lain.

“Saya kira, RTH yang akan kami miliki ini lebih luas dari kecamatan lain. Karena, luasnya saja sekitar 4 hektar. Dibandingkan dengan kecamatan lain hanya sekitar 6.000 hektar saja. Semoga pembangunan RTH di Kecamatan Cibeber bisa rampung sehingga bisa dinikmati oleh warga sekitar Cibeber maupun warga sekitar Kalitimbang,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here