Suasana keluar masuk kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten segera melaksanakan uji petik terhadap kapal-kapal penyeberangan yang ada di lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni menjelang Pelaksanaan Angkutan Hari Lebaran 2019. Sedikitnya ada sekitar 53 dari 72 kapal di lintasan tersebut bakal diuji petik.

Kepala KSOP Banten, Herwanto, Kamis (9/5/2019) mengatakan, uji petik dilakukan untuk memastikan laik tidaknya kapal beroperasi saat angkutan Hari Lebaran nanti. Seluruh peralatan keselamatan yang ada di atas kapal, kata dia, akan diperiksa untuk menjamin keselamatan penumpang.

“Kalau laik laut, semua harus siap, semua harus pasti. Mulai dari pelalatan keselamatan, maupun terhadap kondisi kapalnya, semua kapalnya termasuk pengawakannya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ramp check kapal di pelabuhan setiap hari dilaksanakan oleh internal pihaknya. Untuk uji petik pada Hari Lebaran ini akan melibatkan tim dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan. Diperkirakan, uji petik akan dilakukan seminggu setelah puasa dimulai.

“Ramp check secara rutinitas dilakukan, tetapi uji petik akan dilakukan dengan tim gabungan dari pusat. Kemarin BPTD juga meminta untuk dilibatkan. Kemungkinan aan dilakukan satu minggu setelah puasa, kalau uji petik itu tidak diketahui jadwalnya,” terangnya.

Mengenai nasib dua kapal yakni KMP Windu Karsa Dwitya (WKD) dan KMP Virgo 18 yang beberapa lalu mengalami kerusakan karena insiden tubrukan, Herwanto menerangkan sampai saat ini bahwa kedua kapal tersebut masih dalam investigasi KNKT. Bisa atau tidaknya kedua kapal itu melayani angkutan Lebaran nanti bergantung pada percepatan perbaikan.

“Yang jelas itu sudah ditangani oleh KNKT dan Polair sudah melakukan penyelidikan. Yang cukup parah itu WKD, tapi kalau Virgo tidak terlalu hanya bagian belakang saja. Kemungkinan yang Virgo bisa diselesaikan sebelum Lebaran,” pungkasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?