Gedung DPRD Kota Cilegon. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap dua anggota DPRD Cilegon baik Andi Kurniadi dari Fraksi Golkar dan Tohir dari Fraksi Gerindra yang menyatakan mengundurkan diri, sudah memasuki tahap akhir. PAW terhadap dua anggota DPRD itu akan dilaksanakan setelah mendapat Surat Keputusan dari Gubernur Banten,  Wahidin Halim.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Cilegon, Endang Efendi mengatakan, proses pemberhentian Andi Kurniadi dari anggota dewan telah ditindaklanjuti. Sejak surat pengunduran diri dilayangkan ke DPD II Golkar, tahapan untuk PAW terus berproses hingga ke Pimpinan DPRD.

“Kita sudah memprosesnya paska Bapak Andi mengundurkan diri. Setelah menerima surat pengunduran diri, DPD II sudah mengirimkan surat kepada fraksi. Saya selaku Ketua Fraksi sudah menandatangi dan menyerahkan kepada pimpinan. Kalau tidak salah, dari pimpinan sudah mengirim surat ke KPU,” ungkapnya.

Saat ini, kata Endang, proses tersebut tinggal menunggu surat dari Gubernur Banten. Paripurna PAW akan dilaksanakan jika surat permohonan telah ditandatangani Wahidin Halim selaku perwakilan Kemendagri.

“Itu ada dalam Peraturan Pemerintah, surat permohonan kami ditandatangani paling lama 14 hari saat diajukan. Jadi sekarang ini, kita tinggal menunggu dari SK dari gubernur. Kalau itu sudah turun, kita banmuskan dan paripurnakan.  Tinggal kemudian pergantian antar waktu dapat dilaksanakan, ” terangnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD, Hasbi Sidik mengungkapkan surat pemberhentian terhadap Tohir sudah diterima DPC dari DPP Gerindra. Pihaknya diinstruksikan untuk segera memproses PAW.

“Surat dari DPP sudah turun dan sudah kita sampaikan ke pak Ketua Dewan. Surat keputusan pemberhentian itu, kita terima kemarin. Artinya, saya selaku ketua DPC bersama sekjen diinstruksikan untuk langsung memproses PAW,” paparnya.

Diketahui, DPC Gerindra Cilegon telah memutuskan untuk menggantikan Tohir dengan Sugina. Sementara DPD II Golkar telah menggantikan Andi Kurniadi dengan Budi Mulyadi. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here